Ini Pemicu Jasalmon Simarmata Nekat Membantai Istrinya Pakai Parang

Tersangka Jasalmon Simarmata memperlihatkan barang bukti parang yang dipakainya menghabisi nyawa istrinya. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com - Informasi yang dihimpun hetanews.com, Jumat (12/1/2018), tersangka Jasalmon Simarmata nekat membantai istrinya, Rosdelina boru Sihaloho, pakai parang hanya dikarenakan kesal dan diduga cemburu.

Seperti kronologis kejadian yang dibeberkan pihak Satuan Reskrim Polres Simalungun, bahwa kejadian itu terjadi pada hari Minggu, 7 Januari 2018.

Awalnya, Jasalmon Simarmata pergi ibadah ke Gereja GKPS Pamatang Purba, dan kembali sekira pukul 12.00 WIB dan langsung mengganti pakaiannya.

Kemudian dia pergi ke warung Sabes Lingga, dan bertemu dengan Jatton Turnip. Saat itu Jatton Turnip, memberitahukan, bahwa istri tersangka lagi di rumah Boru  Nainggolan di Pamatang Purba.

Dan atas pemberitahuan tersebut, Jasalmon bersama Jatton Turnip, berangkat ke rumah Boru Nainggolan. Di sana keduanya bertemu istri tersangka, Rosdelina boru Sihaloho, bersama boru Nainggolan dan Anto Lingga bersama istrinya, serta 2 orang lainnya (laki-laki dan perempuan) di dalam kamar. 

Saat itu Jatton Turnip mengajak tersangka ke tempat di dalam rumah tersebut untuk memanggang ikan dan daging.

Dan sekira pukul 17.00 WIB, tersangka bersama korban (istrinya), kembali ke rumahnya yang saat itu diantar Edy Sipayung dengan mengendarai sepeda motor.

Dan sesampai di dalam rumah, tersangka langsung bertanya kepada istrinya. "Mengapa kau tidak memberitahu ke aku, kalau kau pergi ke rumah Boru Nainggolan, dan dihubungi dengan handphone (HP) tidak diangkat ?"

Lalu korban menjawab, "Begitu aja apa salah ?" Lalu tersangka mengatakan kembali "Kalau kau pergi, permisi sama saya". Namun, korban malah mengoceh dan menjawab-jawab.

Baca Juga : Polsek Purba Bekuk Pembunuh Rosdelina boru Sihaloho yang Tak Lain Suaminya

Lalu tersangka mengatakan kembali "Untuk apa kita berumah tangga kalau tidak saling menghargai ?" Lalu dijawab korban “Sudahlah-sudahlah”.

Tersangka kembali mengatakan "Kalau aku yang berbuat begitu, bagaimana perasaanmu ?” Lalu dijawab korban, “Ya sudalah, ayolah keluar, bosan ngomong sama kau".

Bersamaan dengan kata tersebut, Jasalmon Simarmata beranjak ke dapur mengambil sebilah parang dan meletakka di sampingnya.

Lalu saat korban hendak beranjak sambil menyandang tasnya, tiba-tiba tersangka langsung membacok kepala bagian belakang korban. Menyusul membacok wajah dan tangan serta perut korban dengan membabi buta. Korban pun langsung terjatuh dengam posisi terlentang dan dalam keadaan sekarat.

Kemudian setelah melakukan aksi pembacokan tersebut, tersangka langsung kabur melalui pintu belakang rumahnya menuju hutan. 

Dan atas pengejaran yang dilakukan pihak Kepolisian dan dibantu Pangulu serta aparat desa, tersangka berhasil ditangkap dan telah diamankan di Polsek Purba.

Penulis: Zai. Editor: gun.