Hari Kedua, JR Saragih-Ance Selian Jalani Tes Narkoba

R Saragih - Ance Selian (tegah) saat jalani tes Narkoba. (foto/ardiansyah)

Medan, hetanews.com - Di hari kedua, pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumut, Jopinus Ramli (JR) Saragih - Ance Selian, kembali menjalani pemeriksaan kesehatan, di RSUP Adam Malik, Jumat (12/1/2018). Mereka di antaranya mengikuti prosedur tes yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumut.

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada 2018, dr Ramlan Sitompul, mengatakan, pemeriksaan kesehatan hari ini melingkupi pemeriksaan kondisi medis paslon, mulai dari kesehatan mata, THT, penyakit dalam, darah, sampai pemeriksaan urine.

"Hari ini lebih dominan ke kesehatan. Nanti juga ada Badan Narkotika Nasional, termasuk akan dilakukan USG. Semua bagian tubuh akan diperiksa," katanya.

Tes rencananya akan dilakukan hingga sore."Tes berlangsung lancar. Para bakal calon menjalani dengan patuh," ujarnya.

Ia mengatakan, data dari proses pemeriksaan para bakal calon masih harus dianalisa tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional, dan himpunan psikolog.

"Hasil pemeriksaan akan diserahkan kepada KPU pada tanggal 15 atau 16 Januari mendatang. Lulus tidaknya pasangan calon ditentukan dalam rapat pleno KPU," ungkapnya.

Bukan hanya bakal cagub dan cawagub saja, bakal calon bupati-wakil bupati dan wali kota - wakil wali kota yang akan bertarung pada pilkada serentak 2018 di Sumut juga akan menjalani pemeriksaan di RSUP H Adam Malik. "Pemeriksaan terhadap bakal calon dari 8 kabupaten/kota dilakukan selama dua hari," pungkasnya.

Penulis: Ardiansyah. Editor: gun.