Wed 24 Oct 2018
CITIZEN JOURNALISM

Polres Simalungun Sosialisasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Menggunakan Aplikasi IT

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan, didampingi Kabag Ops Polres Simalungun, Kompol B Simarmata dan Kabag Sumda Polres Simalungun, Kompol Tasmin Sitepu saat sosialisasi penanganan Karhutla, menggunakan aplikasi IT. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com - Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polres Simalungun menggelar sosialisasi tentang penanganan Karhutla, menggunakan aplikasi IT (gadget), di Aula Andar Siahaan Mapolres Simalungun, Jumat (12/1/2018), sekitar pukul 09.30 WIB.

Kegiatan ini dibuka Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan, didampingi Kabag Ops Kompol B Simarmata dan Kabag Sumda, Kompol Tasmin Sitepu serta dihadiri seluruh Pejabat Utama, Kapolsek dan personil Bhabinkamtibmas Polsek sejajaran Polres Simalungun.

Suasana  sosialisasi penanganan Karhutla, menggunakan aplikasi IT. (foto/zai)

Sosialisasi ini dilaksanakan bertujuan untuk monitoring dan percepatan pelaporan Bhabinkamtibmas manakala ada terjadinya peristiwa Karhutla, di wilayah Hukum Polres Simalungun. Pendeteksian tersebut dilakukan dengan menggunakan satelit, sehingga diketahui dimana titik-titik api.

Meskipun dapat menggunakan teknologi, Kapolres tetap menghimbau kepada seluruh jajaran agar aktif melakukan upaya preventif secara rutin dengan melakukan patroli, sambangi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Peserta saat mengikuti sosialisasi penanganan Karhutla, menggunakan aplikasi IT. (foto/zai)

Diharapkan melalui pelatihan ini, para personil mendapatkan pengetahuan tambahan serta keterampilan dalam memonitoring, pengumpulan data dan informasi terkait apabila ada terjadinya peristiwa kebakaran hutan. Juga lahan yang nantinya dijadikan dasar dalam penyelidikan dan penyidikan, sehingga penegakan hukumnya dapat terlaksana.

 

Penulis: zai. Editor: gun.