Fri 20 Jul 2018

Gerhana Bulan Total Akhir Januari, Tampak Utuh Di Indonesia

Ilustrasi Gerhana Bulan Total

Jakarta, hetanews.com - Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada  31 Januari 2018. Fenomena alam ini bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara utuh. Gerhana Bulan Total kali ini akan berbarengan dengan bulan biru atau blue moon, bulan ke dua yang ada dalam satu bulan. 

Bulan biru adalah bulan purnama kedua dalam satu bulan atau bulan ke-13 dalam setahun. Karena biasanya dalam setahun bulan purnama hanya hadir satu bulan sekali. Kejadian ini biasanya berulang setiap 2,7 tahun.

Gerhana bulan total bisa diamati dari Indonesia. (Proses gerhana bulan total) bisa diamati sejak matahari terbenam sampai tengah malam. Untuk Indonesia bagian barat dan timur (gerhananya) mulai kisaran pukul 6 sore dan 7 malam sampai selesai lewat tengah malam, Avivah Yamani, peneliti astronomi di Langit Selatan,  Jumat 12 Januari 2018. 

Avivah mengatakan, proses gerhana tersebut akan berlangsung selama 5 jam 17 menit 12 detik, dengan 1 jam 16 menit 4 detik lamanya bulan berada dalam bayangan bumi. Pada 2018 ini akan terjadi dua kali Gerhana Bulan Total. Pertama pada akhir bulan ini, dan yang kedua hadir lagi pada 28 Juli 2018.

 

 

 

 

 

sumber : viva.co.id

 

Penulis: -. Editor: Sella.