Fri 20 Jul 2018

Tes Kesehatan Kedua, Urine serta Darah JR Saragih dan Ance Selian Diperiksa

JR Saragih dan Ance Selian bersama pasangan lainnya saat mengikuti tes kesehatan hari kedua.

Medan, hetanews.com -  Para pasangan Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara kembali mendatangi RSUP Adam Malik, Medan, guna menjalani tes kesehatan kedua.

Tes kali ini sifatnya lebih mengarah kepada sisi medis.

Para pasangan balon yang mengikuti tes adalah mereka yang sudah dinyatakan lolos verifikasi KPUD Sumatera Utara, di antaranya JR Saragih dan Ance Selian, Edy Rahmayadi serta Musa Rajekshah, dan Djarot Saiful Hidayat bersama Sihar Sitorus.

"Untuk tes kesehatan kedua, maka seluruh pasangan calon akan dilakukan pemeriksaan urine, darah hingga rambut yang dilakukan oleh BNN," Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan RSUP Adam Malik, Ramlan Sitompul di RSUP Adam Malik, Medan, Jumat (12/1/2018).

Diakuinya, pemeriksaan ini dilakukan hingga pukul 17.00 WIB. Terlebih, pemeriksaan ini merupakan prosedur utama bagi para pasangan calon yang akan bertanding di Pilkada 2018.

"Selain diperiksa oleh BNN, para pasangan calon juga akan diperiksa di bagian kepala tepatnya di otak. Hal ini berfungsi untuk mengetahui kejiwaan para pasangan calon tersebut," paparnya.

Tak itu saja, para pasangan balon ini telah diminta sehari sebelumnya untuk melakukan puasa. Hal ini dilakukan guna pemeriksaan bagian dalam tubuh para pasangan balon.

"Kesemuanya diwajibkan berpuasa, fungsinya akan diketahui bagian dalam tubuhnya terlebih di RSUP Adam Malik terdapat pemeriksaan USG abdominal agar mengetahui kondisi lambung dan kandung kemihnya," paparnya.

Menurutnya, pemeriksaan darah juga akan dilakukan secara dua kali. Pemeriksaan ini dilakukan sebelum dan setelah berpuasa.

"Selepas diperiksa bagian dalam tubuh para pasangan calon, maka test yang terakhir adalah pemeriksaan psikiater," tukasnya.

Penulis: tim. Editor: Aan.