Medan, hetanews.com - Pengalihan dukungan yang dilakukan PKPI dinilai tidak akan mempengaruhi pencalonan pasangan JR Saragih-Ance Selian dalam pemilihan gubernur Sumut 2018. Pasalnya, pasangan ini tetap menjadi pasangan yang dianggap memperoleh dukungan resmi dari PKPI.

"Sesuai PKPU Nomor 3 tahun 2017 tentang pendaftaran calon, disebutkan parpol atau gabungan partai politik yang sudah mendaftarkan bakal pasangan tidak dapat menarik dukungan sejak pendaftaran dilakukan," kata anggota Bawaslu Sumut, Aulia Andri, Kamis (11/1/2017).

Komisioner KPUD Sumut, Benget Silitonga mengatakan, dukungan PKPI sudah menjadi milik pasangan bakal calon JR Saragih-Ance Selian.

"Dukungan tersebut sudah dikunci sejak pendaftaran pasangan ini. Jika pada kenyataannya nanti PKPI bekerja untuk memenangkan pasangan Djarot-Sihar, itu masuk ranah internal mereka. Intinya, untuk syarat dukungan saat pendaftaran ke KPU mereka lengkap," ujarnya.

Diberitakan, PKPI mengalihkan dukungan dari JR Saragih-Ance Selian kepada Djarot-Sihar. Hal ini dikatakan Wakil Ketua Umum DPN PKPI, Djati Nuswanto saat mendampingi pasangan Djarot-Sihar mendaftar ke KPUD Sumut.

Djati mengaku, pengalihan dukungan ini dilakukan karena prestasi yang sudah dilakukan Djarot selama menjadi kepala daerah.