HETANEWS

Konsultan Minimarket Ini Golapkan Uang Ratusan Juta

Tersangka Muhammad Ilham Laksamana

Siantar, hetanews.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar menerima pelimpahan tahap dua, berkas dan tersangka kasus penipuan dan atau penggelapan senilai ratusan juta rupiah dari penyidik Polres Siantar, Senin (8/1/2017).

Tersangka bernama Muhammad Ilham Laksamana (37), warga Jalan Sidorukun No 126, Pulo Brayan Darat II, Kecamatan Medan Timur, Medan

"Ya, benar. Pelimpahan tahap dua ini setelah berkasnya dinyatakan lengkap (P21) beberapa waktu lalu," ujar Kasi Intel Hary Palar saat ditemui di ruangannya, Senin (8/1/2017).

Ilham terseret kasus lantaran mengaku sebagai  konsultan minimarket, yang dilaporkan saksi korban Windi Arsih Ginting warga jalan Tanah Jawa, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara.

Kasusnya bermula ketika korban berniat mendirikan usaha mini market selanjutnya berkomunikasi dengan tersangka pada Januari 2017. Komunikasi berlanjut hingga terjadi kesepakatan kerja sama sebagai mitra untuk pendirian, pembenahan dan pengembangan Gitzumart dengan membuat proposal perencanaan dengan biaya uang sebanyak Rp 480 juta.

Tersangka diduga tak memenuhi perjanjian sebagaimana tertuang dalam proposal yang mana hanya menyediakan persediaan barang awal di Gitzumart sebesar Rp 133 juta. Sedangkan perjanjian, untuk biaya tersebut memakam dana sebesar Rp 250 juta.

Korban tak terima dan kemudian melaporkan kasusnya ke pihak berwajib sesuai laporan polisi nomor 306/IX/SU/STR/2017.

" Tersangka dijerat dengan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHPidana," ungkap Hary.

Penulis: bt. Editor: aan.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.