HETANEWS

PSI dan Perindo Lolos Verifikasi di Siantar

PSI menyerahkan dokumen verifikasi kepada Ketua KPUD Siantar, Mangasi Purba. (foto/tom)

Siantar, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar telah selesai menggelar verifikasi faktual terhadap sejumlah partai politik (parpol).

Hasilnya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dinyatakan lolos verifikasi dari Kota Siantar.

Sabtu (6/1/2018), di kantornya, Ketua KPUD Kota Siantar, Mangasi Tua Purba, bersama komisioner lainnya dan disaksikan anggota Panwaslih, serahkan hasil verifikasi faktual kepada Partai Perindo dan PSI.

Disampaikan Mangasi Tua Purba, verifikasi faktual yang dilakukan KPU meliputi, keberadaan pengurus inti, berupa ketua, sekretaris dam bendahara. Kemudian, keterwakilan perempuan, di kepengurusan sebanyak 30 persen.

Selanjutnya, KPUD juga memverifikasi keberadaan kantor dan anggota masing-masing partai politik yang diverifikasi.

Dari verifikasi yang dilakukan, baik Partai Perindo maupun PSI, dinyatakan KPUD keberadaannya di Kota Siantar memenuhi syarat. 

Untuk verifikasi keanggotaan, Partai Perindo mengajukan daftar anggota di Siantar sebanyak 600 orang. Lalu, KPU memverifikasi 10 persen di antaranya, secara acak.

Dari verifikasi, anggota Perindo yang memenuhi syarat sebanyak 450 orang. Sehingga, sesuai kebutuhan yang ditetapkan Undang-Undang (UU) sebanyak 281 orang, dinyatakan Perindo memenuhi syarat untuk lolos dari Kota Siantar.

Begitu juga dengan PSI. Dari 310 anggota yang diserahkan, setelah diverifikasi, yang memenuhi syarat sebanyak 290 orang. Dengan demikian, PSI juga lolos dari Siantar.

Penulis: tom. Editor: gun.