Jakarta, hetanews.com - Poros baru Pilgub Sumatera Utara terbentuk setelah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) secara resmi memberikan dukungan kepada JR Saragih dan Ance Selian sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Dukungan tersebut ditandai saat Ketua Umum PKPI Hendro Priyono menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada JR Saragih untuk menjadi salah satu kontestas Pilgub Sumut 2018, Kamis (4/1/2018) malam.

Dalam surat dengan kode B1-KWK (surat resmi partai untuk mendaftarkan ke KPU-red) tanggal 4 Januari 2018 itu, ditandatangani langsung Hendro Priyono dan Sekjen PKPI Imam Anshori Saleh.

Surat itu juga memberikan persetujuan kepada Ance Selian, Ketua DPW PKB Sumut sebagai calon Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Dukungan kepada JR Saragih yang tak lain Ketua Demokrat Sumut itu menandai lahirnya poros baru di Pilgub Sumut.

Ketua DPP Partai PKPI Sumut, Juliski Simorangkir, mengakui, bahwa partai PKPI secara resmi mendukung JR Saragih-Ance untuk diusung dalam Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumut (Pilgubsu) 2018.

Hal ini berdasarkan surat keputusan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKPI nomor 001/KEP/DPN PKP IND/I/2018 per tanggal 4 Januari 2017 tentang persetujuan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut yang ditandatangani Ketua Umum DPN PKPI, Prof DR AM Hendropriyono dan Sekretaris Jenderal PKPI Imam Anshori Saleh.

"Saya sudah konfirmasi ke pusat, dan surat yang beredar di media sosial sudah valid," ujarnya dihubungi Jumat (5/1/2018).

Anggota DPRD Sumut ini juga menghimbau, keputusan yang sudah ditentukan pimpinan pusat tersebut agar seluruh kader mentaatinya. "Seluruh kader se Sumut wajib mentaati dan melaksanakan keputusan pusat," tuturnya singkat.

Terkait pindahnya dukungan PKPI dari T Erry Nuradi, Juliski enggan menanggapi dan menyatakan mengikuti petunjuk Ketua Umum DPN PKPI.

sumber: edisimedan.com/medanbisnisdaily.com