Sergai, hetanews.com - Dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ke 14 yang jatuh pada 7 Januari 2018, Pemkab setempat mengadakan berbagai kegiatan maupun bhakti sosial yang dipusatkan di berbagai daerah.

Demikian disampaikan Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai, Ikhsan kepada wartawan, di ruang kerjanya, komplek Kantor Bupati, di Sei Rampah, Kamis (4/1/2018).           

Dikatakan Ikhsan, bahwa kegiatan tersebut diawali pada hari Jumat (5/1/2018), berupa bhakti sosial kesehatan, seperti pemeriksaan USG, EKG dan Akupresur kepada seluruh Pejabat Eselon II, III dan IV di jajaran Pemkab Sergai, di Aula Dinas Kesehatan.

Kemudian pada Sabtu (6/1/2018) pagi akan diadakan apel gabungan peringatan hari jadi Kabupaten Sergai. Sekaligus penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba menulis esai kategori umum dan wartawan yang diadakan oleh Dinas Kominfo di lapangan bola kaki Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

Pada siang harinya, lanjut Ikhsan, bertempat di Replika Istana Sultan Serdang, Kelurahan Melati Kebun, Kecamatan Pegajahan, digelar pameran pembangunan yang diwarnai dengan pawai produk unggulan desa dan dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai, Soekirman.

Sedangkan pada malam harinya di tempat yang sama digelar hiburan rakyat akan diisi oleh artis lawak kondang dari Ibu Kota Jakarta seperti Polo, Tarzan dan Kadir. Tak ketinggalan juga artis jebolan Dangdut Academy yang merupakan asli putra daerah Tanah Bertuah Negeri Beradat yaitu Deswa dan Duo Mus.  Selain itu, ikut meramaikan band lokal yang siap menghibur para penonton.

Pada puncak gebyar hari jadi, Minggu (7/1/2018), dilaksanakan sidang paripurna istimewa, di gedung DPRD Sergai, di Sei Rampah. Sidang tersebut akan dihadiri oleh Bupati Sergai beserta jajaran, unsur Forkopimda serta elemen masyarakat Sergai maupun tamu undangan dari daerah lain.

Siang harinya di lapangan Replika digelar pertunjukan reog, kuda lumping dan penampilan HRJ band serta pertunjukkan gordang hingga malam hari.

Selanjutnya pada siang harinya, di lapangan sepak bola perkebunan PTPN3 Gunung Pamela Kecamatan Sipispis digelar dzikir dan tabligh akbar yang diisi dengan tausiya kolaborasi Untadz Samin Pane (Sampan), Ustadz Sulaiman (Sule) dan Ustadz Mulkan Azima.

Pasca peringatan hari jadi Sergai ke-l 14 tepatnya Senin (8/1/2018), Pemkab melalui Dinas Kesehatan masih mengadakan bhakti sosial berupa pengobatan massal dan sunat missal, bertempat di Puskesmas Tanjung Beringin. Pada siang harinya, di Replika Istana Sultan Serdang diadakan Parade Band Komunitas Indie Serdang Bedagai (KUMIS) dan Kreativitas Jiwa Muda (Bakar Jiwamu).

Menutup rangkaian gebyar hari jadi Sergai ditutup dengan Pentas Orkes Melayu pada hari Selasa (9/1/2018)  dan penutupan stand pameran, di lapangan Replika Istana Sultan Serdang.

"Peringatan hari jadi Kabupaten Sergai ini, digelar dengan sederhana, namun tidak mengurangi makna akan kesyukuran kita terhadap daerah yang selalu aman dan kondusif. Selain itu, berbagai kegiatan yang dilaksanakan juga bertujuan untuk memberikan hiburan bagi masyarakat Tanah Bertuah," ungkap Ikhsan.