HETANEWS.COM

Sampai Saat Ini, Penerima Dana PKH di Simalungun masih Menjerit

Para ibu-ibu saat menunggu perwakilan mereka bertemu dengan pihak Bank Mandiri Siantar. (foto : Huget)

Siantar, hetanews.com - Puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam Forum Komunikasi Orang Miskin (Formikom) menuntut agar dana bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) segera dicairkan.

Para ibu-ibu itu meminta kejelasan dari pihak Bank Mandiri Cabang Siantar mengenai persoalan hak mereka yang belum terpenuhi.

Di Taman Merdeka persis di trotoar Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat, Kota Siantar, Rabu (27/12/2017), para ibu-ibu tersebut duduk sambil menenteng spanduk bertuliskan ucapan Natal dan Tahun Baru dari Formikom.

Kata salah seorang ibu yang ditemui di lokasi, mereka menyesalkan tindakan oknum Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Simalungun yang diduga menghapus data mereka sebagai penerima PKH. 

Selain penghapus data penerima bantuan, dana PKH yang seharusnya diterima per bulanya, sampai saat ini masih ada yang belum menerima.

"Kami baru didata bulan Oktober kemarin. Sampai sekarang belum ada cair," kata Boru Aritonang warga Tiga Balata, Kabupaten Simalungun.

Senada disampaikan oleh Rumintang Situmorang. Ibu 6 orang anak asal Tiga Dolok  ini yang sebelumnya tercatat sebagai penerima PKH. Namun seharusnya terhitung sudah 7 kali  menerima dana bantuan, Rumintang hanya menerima 2 kali pencairan lewat Kantor Pos tempat dia bermukim.

Rumintang juga menduga ada oknum pegawai Dinsos Simalungun yang telah melakukan kecurangan dengan mengganti data penerima PKH, hingga nama mereka dihapus sebagai penerima. Dugaan itu pun langsung mereka konfirmasi kepada orang yang bersangkutan, namun oknum Dinsos tersebut berkilah.

"Datanya sebagian ditukar. Katanya masih ada sebagian yang seharusnya belum layak menerima bantuan. Kami sudah jumpai langsung boru Hutabarat (oknum Dinsos). Tapi dia gak mau datang, alasannya Natal," kata ibu yang sehari-hari bekerja sebagai petani.

Upaya yang mereka lakukan tidak berhenti disitu saja. Mayoritas ibu-ibu yang beralamat di Kabupaten Simalungun ini pun meminta jawaban dari pihak Bank Mandiri, dengan mengutus perwakilan dari mereka sebagai juru bicara.

Penulis: huget. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Komentar 1

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan