Nias, hetanews.com - Pemkab Nias bersama dengan para wartawan mengadakan temu pers, Selasa (19/12/2017).

Kadis Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dahlan Roso Lase menyampaikan, temu pers ini merupakan penyampaian kegiatan Pemkab Nias pada semester II yang bersumber dari APBD.

"Ada 2 materi yang disajikan yakni, agenda Tahun Festival Pesona Bahari Nias dan peralihan Akper Gunungsitoli yang tadinya di bawah UPT Dinas Pendidikan menjadi Politeknik Kesehatan Medan Kementerian Kesehatan RI,” papar Dahlan.

Dalam eksposnya Bupati Sokhiatulo Laoli menyampaikan, ada potensi wisata bahari di daerah itu yakni, kawasan Soziona. Sokhiatulo  menuturkan, Soziona merupakan kawasan Pantai Bahari yang menghubungkan 4 lokasi wisata bahari, yakni, Pantai Somi, Pantai Bozihona, Pantai Tagaule-Onolimbu dan Pantai Nalawo/Dawala yang disingkat dengan ‘Soziona’.

“Soziona membentang sepanjang 48 km di bagian Pantai Timur Pulau Nias dan merupakan destinasi wisata bahari andalan di Kabupaten Nias,” paparnya.

Soziona menjelaskan, langkah awal dalam pengelolaan potensi bahari ini, Pemkab Nias telah menyampaikan hal ini kepada Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI).

Para wartawan menghadiri temu pers yang dilaksanakan Pemkab Nias.  (foto: Soni)

Sementara pada bulan Juni 2016 kemarin telah dilaksanakan launching pengembangan kepariwisataan Kepulauan Nias dengan tag line ‘Nias Pesona Pulau Impian’.

“Untuk menunjang program kegiatan pariwisata ini, Pemkab Nias telah menyusun Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Nias (Ripparkab) yang nantinya akan ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Nias,” sebut Sokhiatulo.

Terkait Akper Gunungsitoli, melalui Surat Bupati Nias Nomor 800/0552-UPT/AKPER/2017 tanggal 15 Maret 2017 perihal Permohonan Penggabungan UPT Akper Gunungsitoli Pemkab Nias ke Kementerian Kesehatan, akan dibebankan ke Kemkes RI (APBN).

“Tujuannya ada keseimbangan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di Kepulauan Nias dan Kabupaten Nias. Khususnya mengurangi pembiayaan pendidikan dan penghematan APBD Nias setiap tahun sebesar Rp 1,2 miliar,” papar Sokhiatulo.

Kegiatan temu pers itu turut hadir para Asisten Bupati, pimpinan SKPD, Kepala Biro Media Cetak maupun Online di Nias.