HETANEWS

Tapir, Hewan Langka Ditemukan di Labusel

Tapir yang ditemukan warga. (foto : Berman)

Labusel, hetanews.com - Frengki Samosir (28) warga Lingkungan Kampung Kristen, Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) menemukan seekor tapir seberat lebih kurang 150 kilogram yang tengah berkeliaran di sekitar rumahnya, Senin (18/12/2017).

Hewan langka yang dilindungi itu memiliki tinggi tubuh 1 meter dan diyakini bukan berasal dari alam Kabupaten Labusel.

Kepada wartawan, Frengki mengaku melihat hewan langka itu sedang berkeliaran di depan rumahnya sekira pukul 04.00 WIB. Kemudian dia bersama ayahnya menjerat hewan belang berwarna putih dan hitam itu menggunakan tali.

"Awalnya saya pikir gajah, karena ada belalainya. Tapir itu merusak tanaman di belakang rumah, maka kami tangkap menggunakan tali," katanya.

Setelah tertangkap tapir tersebut kemudian dibawa ke lokasi Pembibitan Ternak dan Puskeswan milik Dinas Perkebunan dan Perternakan Pemkab Labusel di Dusun Simpang Kayu Manis, Desa Pekan Tolan, Kecamatan Kampungrakyat untuk mendapatkan perawatan.

Di tempat itu, hewan tersebut diberi obat untuk memulihkan sejumlah luka di tubuhnya.

"Kami hanya melakukan upaya memulihkan kesehatan dan traumanya saja,” kata salah seorang tenaga medis Puskeswan, Harun Harahap.

Harun mengaku sudah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk penanganan lebih lanjut. Menurutnya, Pemkab Labusel tidak memiliki lokasi untuk penangkaran hewan tersebut.

"Petugas BKSDA kabarnya sudah dalam perjalanan," katanya.

Penulis: bs. Editor: aan.