HETANEWS.COM

Proyek Hotmix di Uluan Tak Kunjung Selesai dan Hasilnya Amburadul

Kondisi pengaspalan badan jalan di Kecamatan Uluan. (foto : Frengki)

Tobasa, hetanews.com - Proyek hotmix atau pengaspalan jalan dari Porsea menuju Siregar Aek Nalas di Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017.

Seharusnya sesuai masa kontrak jika tanggal 3 Desember 2017, pengerjaan telah selesai. Ternyata sampai hari ini masih banyak yang belum selesai dikerjakan.

Proyek itu dikerjakan PT Aurya Citra Karya Gemilang dengan nilai kontrak Rp 10.045.800.000.

Diketahui beberapa hari lalu dilakukan pembongkaran lapisan aspal atas perintah Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Darlin Sagala.

Ini karena dikerjakan asal jadi dan hanya hitungan hari sudah rusak akibat lapisan base yang tidak sesuai bestek dan banyak mengandung tanah. 

Namun dari pantauan hetanews.com di lokasi, kemarin, ternyata hasil berikutnya tak jauh dari sebelumnya yang berdampak adanya pembongkaran.

Anehnya, pihak kontraktor melakukan pengaspalan tanpa ada ijin dari pihak Konsultan Pengawas dan hasil konfirmasi kepada Kadis PU Tobasa.

Pihak kontraktor juga tidak ada memberitahukan akan melakukan pengaspalan pada hari itu. Seharusnya pengaspalan dilakukan setelah ada persetujuan dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bermarga Siagian yang saat itu juga tidak ada di lokasi pengerjaan.

Dari pantauan di lapangan, kemungkinan besar pekerjaan pengaspalan itu masih membutuhkan waktu yang lama, dan hasilnya juga kemungkinan besar akan cepat rusak alias tidak akan bertahan lama

Ketua LSM Topan-AD DPW Sumut, Rinaldi Hutajulu mengatakan, akan melaporkan pengerjaan proyek itu ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu).

"Pasalny proyek tersebut tidak sesuai dengan base dan negara sudah dirugikan oleh pihak kontraktor," ujarnya.

Penulis: frengki. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan