HETANEWS.COM

Permukaan Jalan Basah, UPT Siantar Dinilai Tutup Mata Hamparkan Aspal Hotmix

Proyek tambal sulam di jalan provinsi di Kelurahan Panei Tongah, Kecamatan Pane, Kabupaten Simalungun. Dipetik pada Jumat (8/12/2017), di saat hujan deras turun. (foto/zai)

Simalungun, hetanews.com - Pihak Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi  Sumatera Utara, dalam hal ini UPT Siantar, di Jalan Ade Irma, Kecamatan Siantar Barat, Kota Siantar, pimpinan Marton Batubara, dinilai tutup mata.

Pasalnya, kegiatan tambal sulam yang pelaksanaannya di jalan provinsi jurusan Siantar - Pematang Raya, di Kelurahan Pane Tongah, dalam hal menghamparkan aspal hotmix, permukaan jalannya basah.

Sementara, mengacu syarat - syarat teknis pekerjaan aspal, dalam pasal 2 tentang pembatasan cuaca, aspal hotmix akan dipasang hanya dibawah kondisi cuaca kering dan bilamana permukaan jalan juga kering.

Berlangsungnya tambal sulam yang dinilai menyalahi syarat - syarat ini, anggota DPRD Simalungun, Bona Uli Rajagukguk, sangat menyayangkannya dan menilai hasil dari pada kegiatan tersebut, catat mutu.

"Akibat perbuatan curang pelaksana kegiatan tersebut,  maka hasil pekerjaannya tidak sempurna atau dapat diklasifikasikan cacat mutu. Sangat kita sayangkan,"ucapnya dari seberang ponsel, Jumat (8/12/2017).

Dikatakan, menghamparkan aspal hotmix keadaan hujan, jelas menyalahi aturan. Apalagi tidak disemprot dengan kompresor. "Lantas, kenapa itu bisa terjadi. Apa tidak ada pelarangan dari pengawas,"tanyanya heran.

Kalau memang pada saat pelaksanaan pekerjaan dilokasi proyek tidak ada seorangpun pengawas lapangan, sambungnya, sama saja halnya pihak UPT Siantar tutup mata menghamparkan aspal hotmix.

Kita berharap agar dinas terkait meninjau ulang dan sekaligus mencopot jabatan pimpinan UPT Siantar itu. Jangan mentang - mentang masyarakat Simalungun yang akan menikmatinya, mereka tutup mata.

Senin lusa akan kita sampaikan ke komisi terkait di DPRD Simalungun, persoalan itu. Karena, saat ini saya sedang di Jakarta, Baleg. Yang jelas praktek seperti itu sudah menyalahi persyaratan, tegasnya.

Penulis: zai. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan