HETANEWS

Banjir Sisakan Genangan Air, Dinding Rumah Warga Jebol di Pondok Sayur

Dinding rumah warga jebol sehingga penghuninya pindah ke tempat lain. (foto : BT)

Siantar, hetanews.com - Genangan air setinggi lutut orang dewasa disebabkan banjir masih menggenangi hunian warga di Jalan Sukadame, Gang Prima, Kelurahan Pondok Sayur, Kecamatan Siantar Martoba.

Hal itu bisa terjadi lantaran buruknya sistem drainase, meski warga telah berupaya membuat parit guna mengalirkan genangan yang berpotensi menimbulkan penyakit.

Di tempat lain, atau masih berada di Kelurahan yang sama 3 rumah warga jebol akibat hujan deras yang melanda Kota Siantar pada Jumat (1/12/2017) yang lalu. 

"Ini (jebol) mulai hari Jumat yang lalu. 3 rumah disini," cecar salah seorang warga di lokasi, Selasa (5/12/2017).

Pria berkulit gelap itu menambahkan, bencana yang menimpa itu mengakibatkan penghuni rumah sejurus kemudiam mencari suaka atau pindah ke rumah kerabat keluarganya. "Sekarang sudah kosong rumahnya. Penghuninya sudah pindah," katanya.

Sekaitan dengan peristiwa baik menimbulkan kerugian materil maupun non materil para warga mengharapkan kerja nyata pemerintah untuk segera membantu masyarakat, baik dalam bentuk obat-obatan maupun perbaikin rumah yang rusak akibat banjir.

"Kan kondisi seperti ini (banjir) sudah tahunan. Bahkan lebih dari 5 tahun. Ya, kami harapkan respon cepat Pemko Siantar kalau sudah begini," ujarnya mengakhiri.

Penulis: bt. Editor: aan.