HETANEWS

Peringatan HMPI dan BMN Tingkat Provsu di Sergai, Ini Kata Soekirman

Gubsu Tengku Erry Nuradi, bersama Bupati Sergai, Soekirman, Direktur JMKT, Agus Suharjanto serta Forkopimda, menanam bibit pohon, di sekitar Gerbang Tol Teluk Mengkudu. (foto/sutrisno)

Sergai, hetanews.com - Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), bersama dengan jajaran Pemprovsu, melakukan penanaman pohon, di sekitar Gerbang Tol Teluk Mengkudu, Minggu (3/12/2017) lalu.

Mengawali sambutannya, Bupati Soekirman, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini dan merasa bangga karena peringatan HMPI dan BMN tingkat Provsu dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sergai.

"Pemkab Sergai saat ini telah menanam 8.750 pohon produktif yang didistribusikan untuk ditanam di sekolah-sekolah Adiwiyata, lingkungan masyarakat dan perusahaan-perusahaan. Sebagai perwujudannya adalah hutan kota, di depan replika masih terus diurus hingga sekarang karena apa yang baik akan diteruskan dan dipelihara keasriannya," kata Bupati.

Gubsu, Tengku Erry Nuradi saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  Siti Nurbaya Bakar, menyampaikan upaya penanaman pohon pada beberapa wilayah dan kondisi masyarakat di tanah air, merupakan bagian dari kegiatan keseharian, kegiatan yang sungguh mulia dan seyogianya dapat diluhurkan.

Peringatan HMPI dan BMN Tahun 2017 dengan tema "Kerja Bersama, Makmurkan Rakyat, Lestarikan Alam".

Tema ini, mengandung arti, bahwa pengelolaan hutan dan lahan tidak lepas dari keterlibatan seluruh pihak, baik instansi pemerintah, pelaku usaha maupun organisasi massa dan masyarakat sebagai pelaku utama pengelolaan hutan dan lahan.

"Oleh karena itu, kegiatan ini harus memberikan manfaat nyata bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga dengan peningkatan produktivitas hutan dan lahan akan terpelihara kelestarian alam," sebut Gubsu.

Sementara Direktur JMKT, Agus Suharjanto juga mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk komitmen penuh Pemerintah dalam bentuk menjaga lingkungan.

"Manfaat yang besar sangat dirasakan masyarakat atas kehadiran jalan tol. Untuk itu, JMKT akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik diantaranya dengan program penghijauan yang menjadi prioritas kami, di setiap ruas jalan tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi," katanya.

Kadis Kehutanan Provsu, Halen Purba dalam laporannya, menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan di kiri dan kanan lokasi gerbang tol Teluk Mengkudu. Penyelenggaraan ini untuk membangkitkan motivasi masyarakat Sumut agar gemar menanam pohon. Realisasi penanaman pohon, di Sumut dari pelaksanaan gerakan menanam dan memelihara pohon yang memasuki tahun kesepuluh ini adalah 370.260.968 pohon.

Acara diisi dengan penyerahan bantuan bibit pohon produktif kepada pelaksana agroforestry Desa Sentang dan komitmen tanam 25 pohon selama hidup dalam bentuk peluncuran perangko edisi khusus secara simbolis serta ditutup dengan penanaman pohon dalam rangka pencanangan penanaman ASN menanam 25 pohon selama hidup oleh Gubsu, Bupati Sergai, Direktur JMKT serta Forkopimda.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.