HETANEWS

Bediang Sapi, Ludeskan Rumah Warga di Rembang

Foto: Arif Syaefudin

Jakarta, hetanews.com - Sebuah rumah milik Kasmani (47) warga RT4/RW 1 Desa Seren Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (3/12/2017) sekitar pukul 09.00 WIB. Saat kejadian pemilik rumah, Kasmani sedang tidak ada di rumah

Kapolsek Sulang AKP Sunar ketika dikonfirmasi mengungkapkan saat kebakaran terjadi, rumah dalam keadaan kosong ditinggal pergi oleh pemiliknya mencari rumput di ladang. 

Pada saat saksi Seno membersihkan kotoran sapi di kandangnya, melihat ada asap mengepul dari dalam rumah milik korban. Kemudian saksi Seno memberi tahu saksi Saniban agar minta bantuan warga sekitar sehingga warga berdatangan, tutur Sunar.

Warga yang berdatangan, langsung mendobrak pintu rumah korban untuk menyelamatkan barang-barang. Api baru berhasil dipadamkan selama lebih kurang 30 menit, menggunakan bantuan tiga unit mobil pemadam kebakaran bersama warga setempat. 

Penyebab kebakaran, diduga korban lupa memadamkan sisa bara api di bediang sapi atau perapian dari bekas sampah untuk pengasapan mengusir nyamuk di kandang.

Warga kata dia biasa membuat bediang atau perapian untuk mengusir nyamuk yang menggangu sapi di dalam kandang sapi. Pemilik pergi mencari rumput namun lupa mematikan sisa bara api. Sisa bara api itu kemudian menjalar ke tumpukan jerami kering yang berada di sebelahnya.

Meski tak ada korban jiwa, namun sebagian bangunan rumah dari kayu berukuran 10x8 meter itu, kini rata dengan tanah. Ditaksir kerugian mencapai Rp 20 juta. 

sumber: detik.com

Editor: sella.