HETANEWS

Personil Polres Simalungun dan Brimob Bersihkan Rumah Warga yang Terkena Banjir

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan saat berbincang-bincang dengan Wakil Bupati Amran Sinaga di lokasi banjir.

Simalungun, hetanews.com - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Simalungun pada Jumat (1/12/2017) mengakibatkan kapasitas air meningkat dan Sungai Pasar Bawah Kelurahan Serbalawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar meluap dan airnya menggenangi rumah warga setinggi 4 meter.

Di lokasi tersebut, rumah yang terendam diperkirakan lebih kurang 104 rumah, 1 Musholla, 1 Vihara dan 1 sekolah yayasan Alwasliyah.

Sedangkan kerusakan yang diakibatkan banjir berupa bangunan tembok tempat ibadah Vihara Serbalawan jebol dan 5 unit mobil yang sedang parkir rusak.

Ruang kelas bangunan sekolah SMP Muhamadiyah terbenam dan tembok retak.

Selain itu, 1 unit rumah milik Parida boru Simamora (70) mengalami rusak berat. Sementara 4 unit rumah milik warga mengalami kerusakan, masing-masing milik Bobo (35), Ansor (45), Sahril Damanik (60), Umum (66) dan 1 warung kios milik Faruf (56). Satu unit mobil Toyota Innova hanyut terbawa banjir (tersangkut di aliran sungai).

Personil Kepolisian membantu membersihkan rumah warga yang terendam banjir.

Sedangkan terhadap warga yang rumahnya terkena banjir langsung dievakuasi ke tempat lainnya bersama barang-barang beharganya.

Sebelumnya, proses evakuasi dilaksanakan oleh personil gabungan Polres dan Tim SAR Brimob Siantar dan Tebingtinggi dipimpin langsung Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan untuk menyelamatkan 1 keluarga bersama anak balitanya yang terjebak banjir di dalam rumahnya.

Dengan menggunakan peralatan Polri dan penerangan seadanya, 1 keluarga (5 orang yang terdiri dari 2 wanita, 1 laki-laki, 1 anak di bawah umur dan 1 balita) yang terjebak di lantai 2 rumahnya berhasil dievakuasi.

Sabtu (2/12/2017) Kapolres Simalungun menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk turun tangan membantu masyarakat yang mengalami musibah.

Ini termasuk personil Brimob Siantar dan Tebingtinggi juga bersiaga di lokasi, turut membantu masyarakat untuk membersihkan rumah-rumah yang terkena terjangan banjir bandang.

Para personil Polres Simalungun saat membersihkan rumah warga yang terkena banjir.

Personil gabungan terlihat melakukan aktifitas membersihkan bekas lumpur yang banyak menggenangi rumah warga akibat banjir.  Saat pelaksanaannya,seluruh personil baik itu Kabag, Kasat ataupun Perwira, turut serta membersihkan rumah warga. Tampak, Kapolres Simalungun juga ikut mengawasi pelaksanaannya.

Saat berlangsungnya kegiatan tersebut, tampak hadir Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga, disusul Kasat Brimob Poldasu, Zulfikar Tarius.

Sampai saat ini, tidak ada ditemukan korban jiwa. Namun kerugian materil yang diketahui akibat banjir tersebut diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Sejumlah pertugas masih bersiaga di Posko Bencana untuk mengantisipasi adanya banjir susulan maupun pihak-pihak tidak bertanggung jawab melakukan pencurian terhadap barang berharga milik warga.

Penulis: zai. Editor: aan.