HETANEWS.COM

Penderita HIV/AIDS Ibarat Gunung Es, Ini Jumlahnya di Asahan

Penandatanganan bersama untuk mencegah penyakit HIV/AIDS oleh pihak Dinas Kesehatan Asahan dan elemen masyarakat. (foto : Heru)

Asahan, hetanews.com - Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Asahan sebanyak 270 orang yang ditemukan sejak 2010 hingga 2017 dan terdata Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Kepada Hetanews.com, Nini selaku Koordinator Perawatan Dukungan dan Pengobatan Penyakit HIV/ AIDS di RSU HAMS Kisaran menuturkan, jumlah yang terdata 270 orang, sedangkan masih rutin mengkonsumsi obat-obatan dan menjalani pengobatan ada 155 orang. Lalu  sisanya tidak lagi menjalini pengobatan dan ada yang meninggal dunia. 

"Penularan HIV/AIDS ibarat fenomena gunung es. Artinya, 1-100 dan sampai saat ini penderita tertinggi penularannya di Asahan akibat injeksi atau suntikan narkoba, lalu hubungan badan, maka mengatasi penyakit ini perlu kerja sama semua pihak," ujar Nini. 

Kata Nini, sampai saat ini ada 3 Puskesmas yang lansung menangani penyakit HIV/AIDS seperti, Puskesmas Mandoge, Aekloba dan Air Batu yang  dianggap satelitnya. 

Baca Juga: Dinkes Asahan Peringati Hari AIDS se Dunia, Ini Kata Bupati

"Maka sesuai motto kita, saya berani sehat jadi periksakan diri anda . Hendaknya secara bersama-sama dengan pihak Puskesmas, kita lakukan caranya, yaitu temukan, obati dan mempertahankan," harap Nini. 

Penulis: heru. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan