Simalungun, hetanews.com - Hujan deras yang terjadi Jumat (1/12/2017) malam menyebabkan banjir di sejumlah tempat di Kabupaten Simalungun.

Banjir juga menyebabkan puluhan rumah warga terendam banjir, seperti terjadi di Pasar Bawah Kelurahan Serbelawan, Kecamatan Dolok Batunanggar, Kabupaten Simalungun.

Personil Polres Simalungun dipimpin Kapolres AKBP Marudut Luberty Panjaitan mengevakuasi warga yang menjadi korban banjir di Kelurahan Serbelawan.

Proses evakuasi engan menggunakan peralatan milik Polres Simalungun. Bantuan juga dilakukan dengan mendatangkan alat berat beko untuk melakukan pengerukan parit guna membuka jalan air.

Kapolres Simalungun saat memimpin proses evakuasi banjir.

Semua warga yang terkena dampak banjir ini untuk sementara dievakuasi ke tempat yang lebih aman guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setibanya di lokasi, ditemukan 1 keluarga yang memiliki anak bayi masih terjebak di lantai 2 rumahnya. Keluarga tersebut belum dapat langsung dievakuasi karena terisolir, berhubung derasnya debit air diprediksi berkecepatan kurang lebih 70 km/jam dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Proses penyelamatan dengan menggunakan perahu karet. Selain itu, penerangan di lokasi tidak mendukung berhubung listrik padam.

Banjir yang melintasi Jalan HR Sihab Pasar Bawah Serbelawan merupakan daerah dataran rendah yang di sekitarnya terdapat rumah penduduk dan Sungai Singkam.

Proses evakuasi korba banjir di Kelurahan Serbelawan.

Dalam arahannya, Kapolres menekankan personil saat pelaksanaan evakuasi, tetap melaksanakan pengamanan terhadap rumah, harta dan benda masyarakat dari hal yang tidak diinginkan.

Di tempat terpisah, seorang warga yang menjadikan korban banjir yakni Pak Icut berhasil dievakuasi, sebelumnya terjebak di teras rumahnya.

Diduga banjir diakibatkan luapan dari bandang dengan curah hujan yang tinggi berasal dari perkebunan PT Bridgestone.

Ini video persiapan personil Polres Simalungun evakuasi korban banjir: