HETANEWS

Forum Kota Sehat Kota Semarang Kunjungi Tebingtinggi

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan saat memberikan ulos kepada ketua rombongan Forum Kota Sehat dari Semarang, Idoyono. (foto/ver)

Tebingtinggi, hetanews.com - Tim Forum Kota Sehat Kota Semarang hadir di Kota Tebingtinggi untuk melakukan kaji banding, Rabu (29/11/2017) lalu dan diterima langsung Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan, di Gedung Hj Sawiyah.

Wali Kota menyampaikan profil tentang Kota Tebingtinggi, diantaranya luas kota 38,8 Km2, dan oleh Pemerintah Pusat, dipercayakan sebagai bumper pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Utara dan nasional.

"Sebagai penunjangnya dengan adanya proyek nasional pelabuhan Internasional Kuala Tanjung, Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei dan telah beroprasinya tol Medan Tebingtinggi. 

Di Tebingtinggi, pertumbuhan ekonomi didomain pada  sektor jasa dan terdapat  12.000 pengusaha, ditompang dengan berbagai komiditi seperti kopi, tapioka dan kebun sawit milik BUMN maupun swasta, ”paparnya.

Disampaikan Umar, ebagai pendukung menjadikan Tebingtinggi sebagai kota sehat, pemerintah memiliki RSUD Kumpulan Pane yang mempunyai sarana dan prasarana cukup lengkap dan dijadikan rumah sakit rujukan dari beberapa daerah kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara.

Fasilitas kesehatan lainnya, berbagai kegiatan senantiasa dilakukan secara rutin, seperti germas, pemeriksaan pencegahan kanker rahim, Posyandu dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

"Di bidang pertanian, para petani kita senantiasa mengandalkan pupuk kompos yang merupakan hasil produksi dari kegiatan rumah tangga dengan memanfaatkan sampah-sampah yang dihasilkan rumah tangga," katanya.

Ketua rombongan Forum Kota Sehat dari Semarang, Idoyono mengatakan, kedatangannya ke Tebingtinggi bersama tiga institusi forum Kota Sehat Semarang, Bambang Pramu, Patar Simanjuntak, Kadin dan LSM serta pembina kota sehat dari Semarang.

Disampaikan, Semarang  merupakan kota perdagangan dan jasa yang obsesi tidak kalah dengan kota besar lainnya. Pembentuk sektor pariwisata dengan mengandalkan produk unggulan, wisata belanja, wisata kota tua, wisata kuliner dan wisata religi untuk empat agama.

Wisata misteri, produk lokal seperti batik dan even budaya untuk digalakkan terus. Produk lokal dengan motif batik khas semarang seperti motif asem dan burung Bangau. 

Tujuan ke Kota Tebingtinggi untuk saling bertukar informasi atas keberhasilan Tebingtinggi dalam berbagai program pembangunannya yang mungkin nanti bisa  dilakukan di Semarang.

Dalam  penyambutan itu, hadir Sekdako, Johan Samose Harahap, Kadis Kesehatan, M Syah Irwan, Direktur RSUD Kumpulan Pane, Nanang Fitra Aulia, Kadis Sosial, Syaiful Fahri, Kadis Perhubungan, Saprin Efendi Harahap, Wakil Ketua TP PKK Tebingtinggi, Nila Oki Doni Siregar, Camat dan Lurah se Kota Tebingtinggi.

Penulis: ver. Editor: gun.