HETANEWS

Poktan Binadika Agroforestri Lumban Bagasan Aksi Tanam Pohon

David Oloan Hutabarat selaku Ketua KNPI Kabupaten Tobasa saat menanam pohon.

Tobasa, hetanews.com - Pelaksanaan penanam pohon, di seluruh bantaran atau tanggul daerah aliran sungai (DAS) dan anak sungai di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), menjadi misi Kelompok Tani (Poktan) Binadika Agroforestry  Desa Lumban Bagasan, Kamis (30/11/2017). 

Sebab kegiatan seperti ini, menjaga kelestarian lingkungan hidup, menciptakan sumber daya manusia yang peduli lingkungan dan mendorong perwujudan program Pemerintah Pusat dalam menjadikan Tobasa, menjadi salah satu destinasi wisata, ujar Adikara Hutajulu, Pembina Poktan  Binadika, di sela-sela kegiatan penanaman.

Menurut Adikara,  untuk kegiatan penanaman yang kedua ini, pergerakan penyelamatan Danau Toba  yang diprakarsai  aktivis lingkungan, Wilmar Simanjorang, membantu kebutuhan bibit untuk penanaman Poktan Binadika, sesuai rencana hingga seluas 6 ha,

"Sebelumnya di tahun 2016, PT  Inalum sudah membantu kita (Poktan Binadika) untuk melakukan penanaman pohon, ada bibit tanaman pohon kelapa hibryda dan berbagai bibit tanaman lainnya yang sudah ditanami di pinggiran Danau Toba dan daerah aliran sungai,"ucap Adikara. 

Foto bersama sebelum menanam pohon.

Pantauan dilapangan, turut melakukan penanaman pohon di bantaran sungai Aek Simare, Uspika  Kecamatan Laguboti dan Pengurus KNPI, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. 

Sementara itu, usai melakukan penanaman, David Oloan Hutabarat, Ketua KNPI Kabupaten Tobasa mengatakan "saya sangat mengapresiasi kegiatan penanaman yang dilakukan hari ini, dan akan selalu siap hadir dan mendukung.

Kemudian seharusnya dengan kegiatan penanaman bibit pohon di daerah aliran sungai Aek Simare ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh elemen masyarakat di Tobasa  untuk bersama - sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup.  Saya berharap pada bapak- ibu,  para saudara/i yang hadir hari ini agar kita sama sama menjaga bibit tanaman pohon yang kita tanam hari ini,"ucap David. 

Pengurus Poktan Binadika, berharap Pemkab Tobasa dapat membantu agar misi menanam di seluruh bantaran sungai di Kabupaten Tobasa dapat tercapai.

Penulis: tim. Editor: gun.