Sergai, hetanews.com - Pemerintah akan meremajakan kebun sawit rakyat seluas 9.109,29 hektare yang tersebar di 12 kabupaten di Provinsi Sumatra Utara.

Di antaranya yakni di Serdang Bedagai (Sergai), Langkat, Labuhan Batu Selatan (Labusel), Labuhan Batu, Asahan, Batubara, Simalungun, Labuhan Batu Utara (Labura), Padang Lawas Utara (Paluta), Padang Lawas (Palas), Deli Serdang dan Tapanuli Tengah (Tapteng).

Peremajaan kebun sawit rakyat ini akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Sergai, Senin (27/11). Program peremajaan sawit rakyat ini sebelumnya telah dilakukan pertama kali di Provinsi Sumatra Selatan.

Dikutip dari siaran resmi Istana, usai melakukan peremajaan sawit rakyat, Presiden akan menyerahkan tujuh ribu sertifikat tanah untuk rakyat di Kota Siantar, Provinsi Sumatra Utara.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 10 Oktober 2016 di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta, penyerahan sertifikat tanah di Kota Siantar ini merupakan lokasi yang ke-46 dengan jumlah total sertifikat tanah yang sudah diserahkan Presiden hingga saat ini mencapai 196.016 sertifikat.

sumber: republika.co.id