Karo, hetanews.com - Musyawarah Daerah (Musda) III dan pelantikan ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Karo, periode 2017-2022, di Hotel Sinabung Berastagi, Sabtu (25/11/2017), berlangsung sukses.

Kegiatan ini dibuka Asisten III Setdakab Karo, Mulianta Tarigan ditandai dengan pemukulan gong, didahului dengan kata sambutan. Asisten III mengapresiasi dan menyambut baik dilaksanakan pelantikan PPNI Karo yang baru.

Dikatakannya, sebagai tenaga keperawatan organisasi yang berprofesi sesuai dengan UU Nomor 36 Tahun 2014 tentang Kesehatan dan UU Nomor 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan wajib mendapatkan rekomendasi dari organisasi profesi seperti, PPNI untuk mendapatkan profesionalnya dalam bekerja dan terkhusus dalam bidang pelayanan.

“PPNI ini adalah wadah para profesi perawat, yang ber implikasi sebagai organisasi perawat yang berorientasi pada kebutuhan kesehatan masyarakat. Saya berharap dengan terbentuknya organsisasi PPNI di daerah ini, pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik lagi dari yang sebelumnya, “ ujarnya dilanjutkan dengan pemukulan gong.

Sebelum pelantikan, kegiatan dirangkai dengan seminar keperawatan dengan thema “Kiat Sukses Uji Kompetensi Perawat dan Re-Registrasi STR Online”, yang diikuti ratusan perawat se-Kabupaten Karo.

Usai seminar, Ketua DPW PPNI Sumut, Mahsur Al Hazkiyani, melantik Ketua PPNI Kabupaten Karo terpilih yakni Irma beru Sembiring.

Di sela-sela pelantikan dan penyerahan pataka, Mahsur menyampaikan, bahwa sebagai organisasi profesi di lingkungan keperawatan, PPNI memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan keperawatan untuk mewujudkan keperawatan sebagai suatu profesi yang mandiri, tangguh dan diakui oleh organisasi profesi lain.

“Kepada Ketua PPNI yang tepilih dan sudah dilantik, mari bersama-sama membantu saya, untuk membesarkan PPNI di daerah Kabupaten Karo,” ajaknya.

Mengenai visi misi selama lima tahun ke depan, ia memberikan dorongan kepada para perawat untuk tetap maju dan memperlihatkan keprofesionalan perawat dalam melakukan tindakan. Selain itu juga menyediakan fasilitas pendidikan yang layak bagi para perawat.

“Tingkatkan profesi perawat dan mengajak teman-teman di pelosok, baik yang bertugas di rumah sakit di pustu-pustu maupun puskesmas untuk bergabung di PPNI, karena persatuan ini adalah rumah besar bagi perawat. Begitu juga tentang profesi dan tingkat pengetahuannya berorganisasi yang baik dan benar, serta tingkatkan rasa kepedulian sesame perawat,” ujarnya.

Sementara Irma beru Sembiring mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia juga berpesan kepada seluruh perawat yang hadir agar selalu melayani masyarakat dengan ramah, murah senyum, tulus ikhlas dan suasana hati yang baik.

“Karena dengan pelayanan yang ramah serta sungguh-sungguh, akan berdampak positif kepada para pasien, dan membantu mempercepat kesembuhan pasien dari sakit," ujarnya.