Simalungun, hetanews.com - Bak film action, 5 orang pelaku spesialis pencurian tower diringkus personil Polsek Balata dan Satuan Reskrim Polres Simalungun, Jumat (24/11/2017).

Kelima pelaku yang diamankan yakni, Muhammad Hasanuddin Lubis (25), warga Jalan Adam Malik Gang Reka Medan Barat, David Ahmad Nasution (46), warga Jalan Glugur By Pass No 36 Medan, Raju Kumar (52) warga Jalan Glugur By Pass No 28 Medan, Rudi Abdillah (39) warga Jalan Sekip No 13, Medan (kena tembak pergelangan kaki kiri) dan Agus Suharso (38 ) warga Jalan Glugur By Pass Gang Rela No 42 Medan Barat. Sementara barang bukti yang diamankan berupa base band 2 unit dan Arrester 10 unit.

Para pelaku pencurian yang diamankan petugas.

Sebelum dilakukan penangkapan, personil Polsek Balata dipimpin Kapolsek AKP Agusman mendapatkan informasi melalui hand talking (HT) dari Parapat untuk menyetop 1 unit mobil Avanza warna silver nomor polisi (nopol) BK 1195 QG, karena melakukan pencurian peralatan tower di wilayah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Selanjutnya personil Polsek Balata melakukan razia yang dipimpin AKP Agusman didampingi Ipda B Tobing dari Satuan Reskrim Polres Simalungun.

Ternyata para pelaku mengetahui adanya razia di depan Mapolsek Balata, Jalan Siantar-Parapat dan mobil langsung putar haluan ke arah Parapat. Petugas yang mengetahui hal itu langsung melakukan pengejaran.

Para pelaku yang diamankan petugas.

Pada saat melakukan pengejaran, petugas melepaskan tembakan peringatan beberapa kali ke udara, namun tidak dihiraukan dan para pelaku membuang sesuatu barang dari dalam mobil.

Memasuki Nagori Dolok Parmonangan, Kecamatan Dolok Panribuan atau melewat Polsek Dolok Pardamaen, pelaku menambah kecepatan mobil. Ini membuat petugas melakukan penembakan ke arah mobil, sehingga mengenai bak belakang. Ini membuat mobil yang ditumpangi para pelaku berhenti.

Petugas pun mengamankan 5 orang pria dari dalam mobil. Sementara 1 pelaku yang duduk di belakang terkena tembakan pada betis sebelah kiri. Para pelaku diamankan dan dibawa untuk mencari barang curian yang dibuang pada saat dilakukan pengejaran di wilayah hukum Polsek Balata.

Mobil yang digunakan para pelaku.

Akhirnya setelah barang bukti ditemukan, para pelaku diboyong ke Mapolsek Balata untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Sementara pelaku Rudi dibawa ke ke Puskesmas Tiga Balata untuk diberikan pengobatan medis.