Tobasa, hetanews.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dilaksanakan di 85 desa, terdiri dari 16 kecamatan, di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Selasa (21/11/2017), berjalan lancar.

Pengamanan yang dilakukan pihak Kepolisian bersama TNI dan Satpol-PP tidak menemukan kendala, selama menjaga pengamanan mulai dari pencoblosan hingga penghitungan suara.

Seperti Pilkades di Desa Silaen, Kecamatan Silaen yang awalnya dinilai desa paling rawan, tetap berjalan sukses.

Desa Silaen yang memiliki 2 kandidat, sempat terkendala saat proses penghitungan suara akibat hujan lebat. Meski begitu, pihak panitia tetap melanjutkan penghitungan suara, namun karena kondisi cuaca tak memungkinkan, penghitungan suara akhirnya dipindahkan ke gedung Sekolah Minggu, gereja HKBP. 

Penghitungan suara, kedua calon terlihat ketat dan saling kejar diangka 120-an hingga angka 180-an. Namun penghitungan dari angka 200-an mulai didominasi salah satu calon. Warga yang turut menyaksikan penghitungan suara juga sempat terlihat tegang dan tidak bersuara. Namun saat angka penghitungan mulai didominasi salah satu calon, beberapa warga mulai meninggalkan gedung.

Warga tampak antusias saat mengikuti penghitungan suara. (foto/frengki) 

Panitia Pemilihan Kepala Desa, kemudian menyatakan kertas suara telah habis, dan salah satu calon dinyatakan menang melalui penghitungan yang dilakukan P2KD.

Warga pendukung calon terpilih langsung riuh bersorak dan berebut menyalami calon terpilih. Pihak kepolisian yang berjaga langsung berupaya mengamankan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Usai penandatanganan berita acara, kedua calon akhirnya meninggalkan gedung diikuti para pendukung masing-masing.

Kapolsek Silaen, AKP Budi Ginting yang dikonfirmasi di lokasi mengatakan, bahwa pihaknya bersama TNI, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang tentram selama mengikuti prosea Pilkades.

Budi juga mengatakan, jika pihaknya tidak menemukan kendala dalam melakukan pengamanan selama melangsungkan Pilkades.

Namun meski proses Pilkades berjalan lancar, pihak keamanan berjanji akan terus melakukan pengamanan hingga esok hari, untuk menjaga situasi benar-benar kondusif.

"Penjagaan kita tidak sampai di sini, kita masih terus menjaga keamanan hingga esok, termasuk menjaga kotak suara di kantor camat nanti malam,"ujar Budi.