Simalungun, hetanews.com - Kondisi jalan provinsi di Kabupaten Simalungun, Selasa (21/11/2017), tampak semakin permanen saja kerusakannya. Alias makin tambah rusak parah.

Seperti di jalan provinsi jurusan Siantar-Pematang Raya. Persisnya, di wilayah Bulu Pange, Kelurahan Merek Raya, Kecamatan Raya.

Pantauan di lokasi, tampak akibat rusak parahnya badan jalan yang sebelumnya bermaterialkan hotmik, kembali menjadi jalan onderlag.

Dan akibat maraknya lubang-lubang besar menganga, selain mirip kubangan kerbau, sejumlah pengguna jalan tak jarang mengeluarkan umpatan.

Menurut salah satu warga pinggir jalan provinsi itu, ngaku Ery, makin permanennya  kerusakan jalan itu akibat minimnya perawatan instansi terkait.

"Kerusakan jalan ini makin parah, itu akibat minimnya perhatian pemerintah melalui instansi terkait dalam hal perawatan. Mungkin ada unsur pembiaran," ucapnya.

Padahal, sambung Ery, diketahui ada anggaran perawatan jalan yang dialokasikan pemerintah. "Kalau tak silap, tahun 2015 lalu, sebesar miliaran rupiah," katanya.

Selaku masyarakat, lanjut Ery, pihaknya berharap agar rusak parahnya jalan penghubung beberapa kabupaten ini segera diperbaiki sebelum merenggut korban.

Dan kepada instansi terkait, kiranya secepat mungkin mengusut penggunaan anggaran perawatan jalan ini. Sebab, sejak adanya anggaran, jalan ini tak dirawat.

"Kalau tidak, tagline Sumut Paten yang didengungkan oleh Pemerintah Provinsi saat ini, tidak tepat. Bagaimana Paten, jalan sudah mirip kubangan kerbau," imbuhnya.