HETANEWS.COM

Tahun 2018, Pemkab Labuhanbatu akan Terima 500 CPNS

Labuhanbatu, hetanews.com - Tahun 2018 Pemkab Labuhanbatu, akan menerima dan mengangkat 500 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), untuk semua formasi yang dibutuhkan.

Hal ini disampaikan Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap melalui Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten ini, Zainuddin Siregar  menjawab pertanyaan wartawan, di ruang kerjanya Senin (20/11/2017).

Rencana penerimaan dan pengangkatan CPNS ini sesuai dengan usulan Pemkab Labuhanbatukepada Pemerintah Pusat di Jakarta pada tahun 2017 lalu.

Berdasarkan usulan itu Pemkab Labuhanbatu akan menerima dan mengangkat CPNS, sebanyak 500 orang, untuk semua formasi yang dibutuhkan.

"Kita berharap, semoga usulan Pemkab Labuhanbatu ini mendapat tanggapan positif dari Pemerintah Pusat untuk mengisi kekosongan Aparatur Sipil Negara (ASN), sebagai akibat dari adanya pensiun dan meninggal dunia, para abdi negara tersebut," sebut Pangonal melalui Zainuddin.

Dijelaskannya, Pemkab Labuhanbatu, terakhir menerima dan mengangkat CPNS pada tahun 2009/2010 lalu, yaitu sebanyak 235 orang. Setelah itu, Pemkab Labuhanbatu tidak ada menerima dan mengangkat CPNS.

"Kalaupun ada pada tahun 2017 lalu, penerimaan dan pengangkatan tersebut sepenuhnya dilakukan Pemerintah Pusat. Yaitu dari jalur K2 sebanyak 357 orang, bidan dan dokter 194 orang dan penyuluh pertanian 10 orang," jelas Zainuddin.

Ditambahkannya, untuk memproses penerimaan PNS, Pemkab Labuhanbatu telah mengusulkan anggaran untuk ditampung dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018, yaitu sebesar Rp 300 juta.

Menurut Zainuddin, pada tahun 2013 lalu, Pemkab Labuhanbatu menolak penerimaan dan pengangkatan CPNS kepada Pemerintah Pusat. Alasan penolakan, karena jumlah yang disetujui dengan usulan tidak sebanding. Diusulkan 600 orang, sementara yang disetujui 65 orang.

Dia menambahkan, sesuai usulan Pemkab Labuhanbatu yang terbanyak akan diterima nantinya, untuk formasi guru. Khususnya guru bidang studi Agama (Islam, Kristen Protestan dan Katholik).

"Daerah terbanyak kekurangan guru, wilayah pantai (Kecamatan Panai Hilir, Panai Tengah dan Panai Hulu," kata Zainuddin menegaskan.

Terkait dengan rencana penerimaan dan pengangkatan CPNS pada tahun 2018, Zainuddin menghimbau, agar masyarakat tidak mempercayai oknum-oknum yang mengaku bisa membantu kelulusan CPNS nantinya. Karena hal ini nantinya bisa merugikan masyarakat, bila melayani para oknum calo.

Penulis: fendi. Editor: aan.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!