Siantar, hetanews.com - Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan didampingi Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara JR Saragih, melantik pengurus DPC Partai Demokrat Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun beserta-masing kepengurusan DPAC di kedua itu.

Ketua Panitia Pelaksana, Maruli Tua Hutapea saat membacakan laporan kegiatan menyampaikan, acara pelantikan ini didasari hasil Muscab serentak Partai Demokrat se Sumatera Utara yang digelar beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Simalungun. Pelantikan ini mengambil tema 'Bantu Rakyat dan Kawal Pemerintah' dan sub tema 'Konsolidasi Pemenangan Gubernur Sumatera Utara'.

Sebelum melakukan pengukuhan, Hinca Panjaitan didampingi JR Saragih yang berdiri di atas pentas menuturkan, secara konsitusional, pelantikan ini merupakan tugas dari DPD Partai Demokrat Sumut. Namun dirinya dipercaya untuk melantik dihadapan ribuan kader dan anggota Partai Demokrat Siantar-Simalungun.

"Ini adalah peristiwa bersejarah di Siantar-Simalungun. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menyertai bapak ibu saudara saudara sekalian dalam melaksanakan amanah partai," kata Hinca usai membacakan janji yang diikuti pengurus DPC dan DPAC Partai Demokrat Siantar dan Simalungun di Lapangan Adam Malik Kota Siantar, Sabtu (18/11/2017) sore.

Prosesi pelantikan sedikit dramatisir ketikaJR Saragih dan Hinca Panjaitan dihadapan kader serta anggota diguyur hujan saat melantik. Meskipun basah kuyup, tidak satupun kader yang keluar dari barisan.

Usai dilantik, Togar Sitorus selaku Ketua DPC Partai Demokrat Siantar Leriode 2017-2022 dan Elias Barus, sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Simalungun menyampaikan kata sambutanya. Elias Barus menuturkan, DPC Partai Demokrat Simalungun siap memenangkan Ketua DPD Partai Demokrat Sumut JR Saragih menjadi Gubernur Sumatera Utara.

Senada disampaikan oleh Togar Sitorus. "Atas kepercayaan dari rekan rekan lah saya dapat berdiri disini. Kami akan membesarkan partai demokrat di sumut. Dimana kita akan membawa ketua DPD menjadi Gubernur. Kami berkomitmen untuk memenangkan JR Saragih," kata Calon Wakil Wali Kota Siantar terpilih itu.

Sementara itu, Wali Kota Siantar Hefriansyah Noor dalam sambutanya mengatakan, Partai Demokrat adalah partai politik yang sudah memberikan pemikiranya untuk bangsa. Dengan momen pelantikan ini, diharapkan agar dapat mewujudkan cita-cita Partai Demokrat.

"Pemko Siantar mengapriasi kegiatan ini sebagai aktualisasi demokrasi partai demokrat. Kami ucapkan selamat dan sukses kepada kader kader partai yang baru dilantik. Kota siantar adalah kota politik bagi partai demokrat. Itu semboyan yang disampaikan ketua Demokrat siantar," kata Hefriansyah.

Selain melakukan pelantikan, Partai Demokrat juga berbagi tali kasih dengan menyantuni anak yatim dan pesta rakyat yang digelar malam ini. Sebanyak 100 orang anak yatim dari Siantar-Simalungun mendapat bantuan dari Partai Demokrat. 

Hinca Panjaitan mengajak seluruh kader dan anggota partai ikut berpartsipasi dalam gerakan menjaga integritas keluarga Indonesia.  Melindungi keluarga Siantar-Simalungun atas bahaya laten narkoba.

Menurutnya, gerakan tersebut merupakan kampanye Partai Demokrat seluruh Indonesia dengan nama 'Gerakan Seribu Ranting'.