HETANEWS

Wakil Bupati Kukuhkan Kepengurusan Karang Taruna Simalungun

Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga saat menyerahkan SK kepengurusan pada Ketua Karang Taruna Simalungun, Bona Uli Rajagukguk.

Simalungun, hetanews.com - Wakil Bupati Amran Sinaga, Jumat (17/11/2017) resmi mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Simalungun periode 2017-2022 di lapangan terbuka PTPN IV Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa.

Adapun susunan kepengurusan Karang Taruna yang dikukuhkan yakni , Bona Uli Rajagukguk selaku Ketua, Salman Abror Sekretaris. Budi Damanik Wakil Ketua dan Sastra Joyo Sirait selaku Bendahara.

Hadir pada giat tersebut, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, Solahuddin Nasution didampingi sejumlah pengurus, mewakili Forum Koordinator Pimpinan Daerah (Forkopimda), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. 

Sebelum giat pelantikan dilaksanakan, ribuan undangan melaksanakan gerak jalan santai yang mengambil titik kumpul dari SMPN 1 Tanah Jawa dan berakhir di tanah lapang Balimbingan. Dilanjutkan senam kesegaran jasmani di lapangan tersebut. 

Selain dihibur sejumlah artis lokal, kegiatan yang mengambil thema 'Semangat Baru Karang Taruna' itu juga dimeriahkan tari-tarian Simalungun. Pengobatan gratis, pengurusan administrasi kependudukan dan giat pasar murah yang digelar Pemkab Simalungun. 

Sementara Amran Sinaga menjelaskan, ketidak hadiran Bupati JR Saragih melantik kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Simalungun karena sedang berada di luar daerah. 

"Atas nama Pemkab Simalungun, selaku pembina umum, saya mengucapkan atas dilantiknya para pengurus  masa bakti 2017 - 2022. Semoga dapat mengemban amanah dan menjalankan sebaik baiknya di bumi Habonaron yang kita cintai ini," ucapnya. 

Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, Solahuddin Nasution juga mengucapkan terima kasih atas hadirnya Wakil Bupati Amran Sinaga, sehingga pelantikan para kepengurusan Karang Taruna Simalungun.

Dikatakan, selaku pengurus Karang Taruna, pihaknya harus mendukung program kerja lemerintah yang notabene adalah pembina Karang Taruna untuk pemberdayaan pemuda. Menurutnya, pemberdayaan itu tidak seperti membangun infrastruktur selama 1 tahun cukup. 

"Kita juga cukup berbangga hati dengan adanya Wakil Bupati disini. Saya mengharapkan agar bung Bona jangan ada batas ruang lagi untuk berita masalah masyarakat. Karena kita sudah memakaikan atribut Karang Taruna pada pak Wakil Bupati," ucapnya. 

"Mari kita doakan supaya karir pak Wakil Bupati Amran Sinaga cemerlang kedepannya. Kita Karang Taruna lahir dari perut pemerintah melalui Dinas Sosial (Dinsos). Kita harapkan, jika dulunya anggaran Dinsos di urut 15 ditempatkan di urut 10," papar Solahuddin.

Dirinya yakin keberadaan Bona Uli di DPRD Simalungun dapat mengawalnya hingga dijadikan prioritas program oleh pemerintah.

"Jangan nantinya pengusulan prioritas anggaran Dinsos tersebut nantinya mengendap di eselon II saja. Sebagai Karang Taruna kita harus siap," imbuhnya. 

Solahuddin menuturkan, thema yang diusung yaitu, Semangat Baru Karang Taruna Simalungun menuju generasi muda kerja keras, cerdas, sejahtera.

"Izin, tagline Semangat Baru kami adopsi untuk menjadi bagian Karang Taruna mengingat telah mati surinya Karang Taruna. Jadi butuh Semangat Baru pada diri kami, untuk menjadikan Karang Taruna di Simalungun tetap eksis bersama Pemkab Simalungun dalam hal pemberdayaan pemuda. Sehingga menuju generasi muda yang kreatif, mandiri dan berprestasi," paparnya.

"Kepada pak Bupati Simalungun, JR Saragih selaku penasehat kami, bimbinglah kami untuk membesarkan Karang Taruna sebesar besarnya di Simalungun ini. Tanpa peranan bapak kami tak mungkin mampuni membesarkannya hingga ke pelosok Nagori," sebut Solahuddin.

Penulis: zai. Editor: aan.