Sergai, hetanews.com - Bupati Sergai Soekirman diwakili Sekdakab, Hadi Winarno saat membacakan sambutan tertulis dari Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53, Senin (13/11/2017).

Sekda mengatakan, program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target/fokus kepada keluarga berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga.

Berlangsung di halaman Kantor Bupati, upacara untuk memperingati HKN ini mengusung tema 'Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku'. 

Menkes menuturkan, selain penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Hal tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait.

Karenanya Menkes mendorong terlaksananya Germas dan mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.           

Menkes juga mengajak seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Kementrian Kesehatan (Kemenkes) agar menjadikan peringatan HKN ini sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan.

Serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan.