Asahan, hetanews.com - Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang diwakili Wakil Bupati Surya pimpin apel Hari Kesehatan Nasiona (HKN) ke 53 bertempat di halaman kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Senin (13/11/2017).

Pidato Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek dengan tema 'Sehat Keluarga ku Sehat Indonesiaku' dibacakan Surya.

Dalam pidatonya Menkes mengajak agar mendukung pendekatan kepada keluarga guna meningkatkan bidang kesehatan juga penyelenggaraan program Indonesia Dehat dengan pendekatan keluarga, pembangunan kesehatan juga melibatkan sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Mari kita bersama menyuarakan pola hidup sehat, sehingga bangsa Indonesia ini khusunya di Asahan dapat beraktifitas dengan sebaik-baiknya. Bila pola hidup sehat itu terlaksana dan kebahagianan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dapat berjalan dengan baik. Namun peran dunia kesehatan husunya pihak Puskesmas menjadi corong utama mensosialisaikan juga memberi pelayananan secara maksimal," ujar Wabup.

Kembali Surya menyampaikan, permasalahan kesehatan yang terjadi di Indonesia yang masih tinggi yaitu kematian ibu, kekurangan gizi, penyakit menular dan tidak menular dapat terselesaikan dengan meningkatkan kualitas hidup sehat dari saat ini hingga akan mendatang.

Melanjutkan isi pidato Menkes agar Kepala Dinas dan Kepala Puskesmas mendukung sepenuhnya Germas, sehingga Indonesia sehat dapat terwujutkan dan terlaksana hingga ke Puskesmas-Puskesmas sebagai wilayah yang bersentuhan lansung dengan masyarakat di wilayahnya.

Acara juga terlihat penyerahan penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berdedikasi tinggi dalam bekerja juga memajukan kesehatan di Kabupaten Asahan yang juga melaunching Public Safety Center (PSC) 119 di Kabupaten Asahan  dan beberapa kegiatan hiburan lainnya.