Simalungun, hetanews.com - Ephorus HKBP Pdt Darwin Lumban Tobing dan Bupati Simalungun JR Saragih hadiri Jubelium 75 Tahun HKBP Sarimatondang, Minggu (12/11/0217).

Acara diawali dengan pengalungan bunga terhadap Ephorus HKBP dan Bupati Simalungun. Kemudian pelepasan 75 balon Jubelium dan 7 burung merpati sebagai simbol kejayaan gereja HKBP.  Sebelum acara dimulai, Ephorus didampingi Pendeta dan JR Saragih melakukan penanaman pohon secara simbolis.

Pada saat acara kebaktian, Ephorus dalam khotbahnya yang diambil dari nats Alkitab Matius 25 ayat 1-13 menyampaikan, sebagai umat kristiani, kiranya harus siap kapan saja dan dimana saja untuk menerima kedatangan Tuhan Allah.

Ephorus juga menambahkan, setiap umat Kristen yang percaya, senantiasa mampu melihat apa yang akan terjadi di masa depan.

"Sehingga dengan begitu, setiap umat yang percaya akan mampu menyiapkan dirinya. Dan percaya bahwa Tuhan akan  membantu, sebab demikian merupakan janji Tuhan," sebut Darwin.

Usai khotbah, Seksi Sejarah juga menerangkan tentang histori singkat berdirinya HKBP Sarimatondang di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Yakni pada tanggal 12 November 1942 dimulai pembagunan gereja HKBP Sarimatondang yang masih sederhana. Dimana tiang dan dindingnya masih terbuat dari bambu.

Seiring berjalannya waktu, jemaat HKBP Sarimatondang juga semakin tumbuh dan berkembang.

Ketua Panitia, Marnaek Pardede didampingi Sekretaris Ade F Tampubolon dan Bendahara Lukman Tampubolon mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ephorus HKBP, Praeses, Bupati Simalungun, Anggota DPRD Simalungun serta segenap undangan.

"Kami sebagai panitia tidak luput dari kekurangan dalam mempersiapakan pelaksanaan pesta Jubelelium ini. Oleh sebab itu atas kekurangan kami, terlebih dahulu kami mohon maaf," ujar Marnaek.

Terakhir, Ephorus juga menandatangani prasasti  Mameakhon Batu Ojahan (MBO) sebagai monumen 75 Tahun HKBP Sarimatondang.