Medan, hetanews.com - Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Somantri, memimpin apel serah terima jabatan tiga komandan batalyon, di Markas Komando Batalyon Infanteri (Mako Yonif) Raider 100/PS, Selasa (7/11/2017).

Ketiga jabatan tersebut yakni Danyon Infanteri Raider 100/PS dari Letkol Inf Didik Efendi kepada Mayor Inf Lizardo Gumay, Danyon Arhanudse 11/BS dari Letkol Arh Ari Wahyu Akhadi kepada Mayor Arh Tamaji, serta Danyon Arhanudse 13/Belibis dari Letkol Arh Priyo Iswahyudi kepada Mayor Arh Yosip Broztidadi.

Prosesi ditandai serah terima masing-masing lambang satuan (tunggul), tongkat komando, dan plakat tanda jabatan dari pejabat lama kepada pejabat baru, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Peralihan ketiga jabatan tertuang dalam Surat Perintah Pangdam I/Bukit Barisan Nomor: Sprin/2205/IX/2017, tanggal 18 September 2017, dan Surat Perintah Pangdam I/Buki Barisan Nomor: Sprin/2231/IX/2017, tanggal 22 September 2017.

Pangdam meminta ke enam perwira terkait, agar menjalankan tugas di jabatan baru dengan penuh tanggungjawab, serta senantiasa berupaya meningkatkan kapabilitas, profesionalitas, kemampuan, dan kualitas satuan.

"Alih jabatan merupakan hal yang biasa terjadi dalam organisasi TNI, sebagai realisasi pembinaan satuan dan personel dalam menjamin alih tanggungjawab dan proses regenerasi," jelas Cucu Somantri.

Secara khusus, Pangdam mengingatkan seluruh prajurit di lingkungan Batalyon Infanteri Raider 100/PS, serta Batalyon Arhanudse 11/BS dan Batalyon 13/Belibis, agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai fungsi masing-masing satuan.

"Untuk prajurit Yon Infanteri Raider 100/PS, tetap jalankan fungsi sebagai pasukan anti teror untuk pertempuran jarak dekat, gerilya, dan perempuan berlanjut," seru Pangdam.

Untuk Yon Arhanudse 11/BS dan Yon Arhanudse 13/Belibis, Pangdam meminta mereka menjalankan fungsi sebagai pasukan penangkal serangan udara musuh dan serangan udara langsung.

Pada akhir acara, Pangdam mengucapkan selamat bertugas kepada tiga pejabat yang baru dilantik, serta meminta ketiganya segera beradaptasi di lingkungan tugas yang baru, dengan meningkatkan pembinaan satuan dan memperluas kerjasama lintas sektoral.

"Ingat, jabatan adalah tanggungjawab dan amanah yang diberikan oleh pimpinan. Karena itu, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, serta fokuslah bekerja untuk kepentingan dan kemajuan bangsa dan negara," tukasnya.

sumber: tribun-medan.com