Siantar, hetanews.com- Perundingan antar pengusaha Roti Ganda Jumar Julhamsyah dan buruh pabrik menghasilkan kesepakatan, yakni buruh-buruh akan didaftarkan secara bertahap. "Saya sudah merencanakan itu dari sebelum kalian datang kemari, dan saya sudah memiliki daftarnya, tapi engga bisa keseluruhan, bertahap lah," kata Jumar, di Pabriknya jalan Ade Irma, Senin (22/12).

Yang menjadi prioritas utama saat ini udah didaftarkan di BPJS, yakni berdasarkan skill akan didaftarkan di tahap pertama di bulan Januari, kemudian tahap kedua secara sistem undi di bulan Februari, dan tahap ke tiga bagi yang belum didaftarkan di bulan Maret.

"Yang pasti kita dahulukan yang memiliki skill baik itu anggota SBSI maupun yang tidak, tapi yang pasti semua akan kita daftarkan, melalui tahapan dari bulan Januari hingga Maret," kata Jumar.

Kata Jumar, selama ini pihak Roti Ganda selalu memberika  atau membiayai pekerjanya jika mengalami sakit. "Kitakan sudah tentukan Rumah sakit, serta dokter, jika mereka tidak melalui dokter itu yah kita engga bisa terima," kata Jumar.

Buruh mengatakan jika pengurusan surat pengantar ke dokter itu sangat sulit sehingga buruh kesulitan untuk berobat ke dokter. "Jika ada yang melakukan itu silahkan laporkan ke saya, selama ini anda tidak pernah bilang ke saya, jadi saya tidak tahu," kata Jumar.

Akhirnya diputuskan, setiap ada mandor nakal yang melakukan tindakan semena-mena kepada Buruh maka buruh harus melaporkan kepadanya sehingga perusahaan bisa melakukan tindakan yang pantas. "Silahkan tulis apa yang menjadi kesalahannya terus kasih ke saya biar saya yang melakukan tindakan," kata Jumar.