HETANEWS.COM

Kehadiran Kapal Mewah Ro-Ro GT 300 Wujudkan Destinasi Pariwisata Danau Toba

Suasana acara peletakan lunas (keel laying) Kapal Ro-Ro GT 300 di Danau Toba. (foto : Sitorus Mel)

Tobasa, hetanews.com -Dalam rangka mendukung dan sukseskan program destinasi wisata Danau Toba, Direktorat Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menggelar acara peletakan lunas (keel laying) 1 unit kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro 300 GT di lintasan Danau Toba di Pantai Pasir Putih Desa Parparean II, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), kemarin.

Kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro 300 GT untuk lintasan Danau Toba tersebut direncanakan dapat memuat penumpang sebanyak 280 orang, 30 mobil besar maupun kecil. Ukurannya, panjang seluruh kapal 48,50 meter, lebar 12,60 meter, tinggi 3 meter, sarat 2 meter dengan nomor pembangunan DBN-025 oleh PT Dok Bahari Nusantara dengan nomor kontrak KU003/02.19/SATKERSU/VIII/2017.

Acara peletakan lunas ini ditandatangani oleh Direktur Utama PT Dok Bahari Nusantara, Sophan Sophian, Penata Muda Satuan Kerja Perhubungan Darat Provinsi Sumatera Utara, Andy Parulian, Direktur Konsultan Pengawas PT Swastika Perdana Consultant, Bambang Andito Santoso, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Capt Bintang Novi M dan Suveyor PT Biro Klasifikasi Indonesia M Furqon.

Wakil Bupati Tobasa, Hulman Sitorus mengatakan, mendukung pembangunan ini, dimana kapal Ro-Ro itu akan menjadi sarana transportasi yang bertaraf nasional

“Selain memudahkan sarana transportasi, juga membuka lowongan pekerjaan bagi warga di sini. Tapi harus sesuai dengan kemampuan masing-masing,” tukasnya.

Dia juga berharap agar masyarakat turut mendukung program itu demi terciptanya kawasan pariwisata Danau Toba bertaraf internasional yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Kasubdit Sarana Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Endi Suorasetio juga menyampaikan  bahwa proses pembuatan kapal itu sedang berlangsung dan dijadwalkan rampung pada November 2018 mendatang. Selsegernya, akan segera beroperasi.

"Jadwalnya rampung November 2018. Setelah itu langsung operasi untuk wilayah perairan Danau Toba,” tuturnya saat diwawancarai di sela-sela acara keel laying tersebut.

Dijelaskan, saat ini progres pembangunan mencapai 27,25 persen. Pembangunan Ro-ro itu sendiri dikerjakan oleh PT Dok Bahari Nusantara dengan kontrak 15 bulan, terhitung sejak tanggal 28 Agustus 2017.

“Proyek ini merupakan proyek prioritas untuk mendukung Otorita Danau Toba. Bukan itu saja, tahun depan juga kita rencanakan membangun 1 unit kapal lagi. Jadi akan ada dua unit nanti. Bila memang kapal ini nantinya masih kurang dalam hal sarana transportasi, kita akan tambah lagi, demi kelancaran wisata Danau Toba ini, bisa di Ambarita, dimana pun asal ada galangan kapalnya,” ujarnya.

Mewakili Kemenko Maritim, Erwin Reynold selaku Kabid Indistri Manufaktur menyebutkan, akan ada 3 unit kapal baru untuk Danau Toba. Mendukung hal itu, Pemkab se kawasan Danau Toba diminta turut berpartisipasi dengan berbagai dukungan.

Seperti Dinas Perhubungan (Dishub) dalam hal menetapkan rute yang sesuai kebutuhan. Kemudian, dari Dinas Pariwisata (Dispar) setempat diminta agar menyiapkan potensi-potensi wisata yang akan dijual. Kemudian, aparat keamanan juga diminta turut berpartisipasi.

“Bagaimana kita mendukung proyek negara ini agar kabupaten ini lebih maju dari sekarang,” ujarnya.

Sementara, Kepala Divisi Infrastruktur Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Antonius Yuwono SKom meminta kesiapan para Bupati se kawasan Danau Toba untuk menyiapkan lahan galangan kapal. Sehingga ke depan, kapal-kapal yang disiapkan untuk mendukung transportasi danau dapat berjalan dengan baik, mengingat hingga saat ini belum ada galangan kapal di wilayah Danau Toba.

Acara tersebut juga dihadiri Waka Polres Tobasa Kompol J Sitompul, Danramil Porsea Kapten S Purba, para pimpinan SKPD Tobasa, tokoh agama, tokoh masyarakat, masyarakat Porsea dan sekitarnya.

Penulis: mel sitorus. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan