Karo, hetanews.com - Terkait kasus pencurian mobil jenis Toyota Etios Valco nomor polisi (nopol) BK 1582 SH yang dilakuan Nando Barus (38), warga Jalan Jamin Ginting Desa Raya, Kecamatan Berastagi ini, kini  kasusnya sudah ditangani  Polres Karo.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Karo AKBP Rio Nababan melalui Kasat Reskrim, AKP Jonista Tarigan kepada wartawan, Rabu (1/11/2017), pukul 11:00 WIB.

Bahwa saat ini, Nando Barus, pelaku pencurian mobil sedang menjalani pemeriksaan. Pemeriksaan lebih lanjut dengan kepala diperban akibat lukanya, kata AKP Jonista.

Sedangkan pemilik mobil atas nama Tripena Beru Ginting (41), warga  Jalan Kapten Bangsi Sembiring No. 148, Kelurahan Lau Cimba Kabanjahe telah membuat laporan pengaduan ke Polres Karo pada hari Selasa (31/10/2017) dengan bukti laporan Polisi Nomor: LP / 812 / X / 2017 / SU Res T.Karo.

Motif yang dilakuan oleh Nando Barus murni untuk mencuri mobil tersebut, dimana  Hendrisman Barus (48),  suami dari Tripena beru Ginting,  memarkirkan mobil tersebut didepan rumahnya, di Jalan Kapten Bagsi Sembiring, pukul 17:00 WIB dan turun sambil menggendong anaknya  kedalam rumahnya.

Mobil yang sempat dicuri Nando Barus.(foto/charles)

Saat menuju rumah, kunci mobil tersebut  tertinggal dipintu  sebelah kanan dan tak berselang lama kemudian, Hendrisman keluar dari dalam rumah  dan tidak  melihat lagi mobil tersebut  karena sudah dikendarai oleh orang lain.

Selanjutnya Hendrisman meminta tolong kepada  Maulana Malik Sebayang (23), warga Desa Perbesi, kecamatan Tigabinanga yang sedang berada di lokasi   untuk mengejarnya  hingga menuju daerah Tigapanah dengan mengendarai sepeda motor, ujarnya.

Ditambahkannya lagi, setelah berhasil ditangkap, pelaku sempat dihakimi warga  hingga berdarah-darah.

Kini pelaku sudah diperiksa dan atas perbuatannya, pelaku  dijerat dengan pasal 363 Sub 362 dengan ancaman lima tahun penjara.

Sedangkan barang bukti, berupa   satu unit mobil merek Toyota Etios Valco  warna hitam BK 1582 SH  milik Tripena beru Ginting sudah diamanakan di Polres Karo.

Disela-sela pemeriksaan, Nando Barus, mengakui perbuatannya kepada polisi. Dia sempat mengaku kalau dirinya hendak  menuju Desa Barus Jahe untuk jiarah ke makam adiknya.

Namun sesampinya di Jalan Kapten Bangsi Sembiring, dia melihat kunci mobil tersebut  dipintunya sehingga timbul niatnya untuk mencurinya.

"Rencana kalau berhasil dijual. Saya  baru kali ini melakukan pencurian dan selama ini, saya tingga di Jambi  bersama keluarga,” ujar bapak satu anak ini.