HETANEWS

Ini Upaya JR Saragih Bangun Budaya Simalungun

JR Saragih saat bersama dengan Dinas Pariwisata dan Pengurus Rumah Bolon.

Simalungun, hetanews.com - Meskipun jalan di wiliyah Kabupaten Simalungun selalu menjadi tuntutan warga, akan tetapi Pemkab Simalungun tidak pernah tinggal diam.

Di bawah kepemimpinan Bupati JR Saragih, upaya melaksanakan pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Kabupaten Simalungun satu persatu mulai dilakukan.

Pembangunan jalan yang saat ini dilakukan Pemkab Simalungun di beberapa daerah merupakan sebuah prioritas. Meskipun banyak tuntutan warga mengenai jalan yang belum terealisasi, diharapkan agar tetap menanti upaya yang dilakukan Pemkab Simalungun. Karena pemerintah tidak akan tinggal diam dan membiarkan kebutuhan warga tersendat. 

JR Saragih saat ini tengah melakukan pembangunan infrastruktur di beberapa daerah di Kabupaten Simalungun. Seperti yang sedang dilakukan di Kecamatan Sidamanik.

Selain pembangunan infrastruktur, JR Saragih juga berupaya untuk membangun dan melestarikan peninggalan Budaya Simalungun.

Kali ini, Bupati 2 periode itu tengah mempersiapkan pembangunan Rumah Bolon Purba yang kondisinya sudah tua dan rusak. Oleh karena itu, peninggalan budaya terbesar di Simalungun itu membutuhkan beberapa material, seperti tenaga ahli dan materil bangunan yang khusus jenis kayu khusus. 

Untuk itu, Bupati juga berdiskusi bersama dengan Dinas Pariwisata dan tetua Penjaga Rumah Bolon dan sanak saudara keturunan Raja Purba. Seperti yang dimuat JR Saragih dalam akun Facebooknya, Selasa (31/10/2017).

"Saat berdiskusi bersama Kepala Dinas Pariwisata dan tetua penjaga Rumah Bolon Purba untuk merenovasi pembangunan Rumah Bolon Purba yang telah telah tua dan rusak. Banyak hal yang dibutuhkan karena ada beberapa material, seperti beberapa jenis kayu khusus yang dipakai rumah bolon serta perlunya tenaga ahli. Tentu semua rencana ini akan didiskusikan terlebih dahulu dengan sanak saudara yang masih memiliki hubungan keluarga dengan Rumah Bolon Purba," tulisnya

Penulis: tim. Editor: aan.