HETANEWS.COM

Beberapa Desa di 2 Kecamatan Kembali Dilanda Banjir di Asahan

Salah satu rumah warga di Desa Prapat Janji, Kecamatan Buntu Pane, tergenang banjir.(foto/heru)

Asahan, hetanews.com - Akibat curah hujan beberapa hari ini, beberapa desa di Kecamatan Tinggi Raja dan Buntu Pane, Kabupaten Asahan kembali dilanda banjir dengan beragam ketinggian genangan air. 

Kepada hetanews, Senin (30/10/2017), Kabid Darurat Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan, Haidir Sinaga mengatakan, akibat curah hujan menyebabkan luapan air Sungai Piasa Ulu dan Sungai Aek Silau mengenangi sejumlah rumah, di beberapa desa.

Seperti Desa Teladan, Kecamatan Tinggi  Raja, ada sekitar 450 Kepala Keluarga (KK), Desa Piasa Ulu, Kecamatan yang sana sekitar 527 KK, juga mengenangi jalan desa dan gedung Sekolah Dasar (SD) ikut tergenang air. 

"Lalu Dusun Rawa Rejo, Desa Terusan tengah, Kecamatan Tinggi Raja, banjir melanda 11 KK. Dusun Kampung antara Desa Prapatjanji Kecamatan  Buntu Pane sekitar 350 KK da Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) terendam air dengan kisaran ketinggian air 15-65 centimeter," ujar Haidir. 

Salah satu sekolah di Desa Piasa Ulu, Kecamatan Tinggi Raja tergenang banjir.(foto/heru)

Haidir menuturkan, pihak BPBD juga bekerja sama dengan relawan dan perangkat di kecamatan mendirikan beberapa posko untuk masyarakat yang kediamannya tergenang banjir. 

"Kita telah menyiagakan TRC Satgas BPBD Kabupaten Asahan yang memfasilitasi koordinasi dengan FKPK kecamatan dan desa setempat, beserta perangkatnya dalam pemantauan, pengevakuasian, pengamanan  dan penyiagaan posko untuk masyarakat sekitar yang tergenang banjir,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Bupati Asahan, Taufan Gama Siamtupang juga telah memerintahkan agar petugas tetap siaga.

"Kita telah menerima laporan sesuai prediksi BMKG  stasiun pengamatan Deliserdang malam ini akan turun hujan dengan intesitas ringan hingga sedang," ujarnya. 

Penulis: heru. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan