HETANEWS

Ketua DPP Raja Sonang Sedunia: Raja Sonang Tidak Main-main Tapi Main, Agustus 2018 akan Digelar Pesta Tugu Raja Sonang

Ketua DPP Raja Sonang Sedunia, Alboing Gultom.(fito/tom)

Siantar, hetanews.com - Dalam acara pengukuhan Panitia Natal Raja Sonang Sedunia yang diadakan di Jalan Rangkutta Sembiring, Lorong 6 Parluasan, Kecamatan Siantar Utara, Sabtu (28/10/2017) dan langsung dihadiri Ketua DPP Raja Sonang Sedunia, Alboing Gultom, menyebutkan, bahwa Raja Sonang ketika membuat acara tidak main-main tetapi main. 

Dalam kata sambutannya, Alboing Gultom menyebutkan, bahwa dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Raja Sonang, bahwa tidak melihat agama melainkan persatuan Keturunan Raja Sonang.

"Setelah ini nanti akan kita buat perayaan lebaran untuk keturunan Raja Sonang yang muslim, karena di AD/ART, kita tidak melihat agamanya karena kita lebih mengedepankan budaya dan persatuan,"'ucapnya. 

Dia juga menyebutkan, tahun depan sekitar bulan Agustus, Raja Sonang juga akan membuat acara besar yakni, pesta Tugu Raja Sonang.

"Pada tanggal 13 Oktober lalu, panitia sudah dilantik dan ada 420 orang sebagai panitia, dan kita rencanakan, kita akan memotong kerbau sebanyak 200 ekor, dan mudah-mudahan akan dihadiri Presiden Jokowi. Raja Sonang ini kalau bikin acara tidak main-main tapi main, harus diketahui oleh dunia," ucapnya dengan tegas. 

Dia juga menyebutkan, bahwa perkumpulan Raja Sonang tidak sembarang, sebab sudah diakui oleh negara.

"Kita sudah mendaftarkan parsadaan kita ini dan sudah diakui oleh Negara legalitasnya, dan pada saat pembentukannya, kita sudah ijin kepada Ketua Adat Siopat Ama si Lima Marga dan sudah disetujui," ucapnya. 

Baca Juga: Pengukuhan Panitia Natal Raja Sonang Dibarengi Perayaan Ulang Tahun

Dia juga menyebutkan, bahwa seluruh marga Raja Sonang, diharapkan aktif dalam parsadaan tersebut. Sebab perkumpulan Parsadaan Raja Sonang bukan milik satu marga saja, melainkan milik seluruh marga yang ada di Raja Sonang yakni Samosir, Pakpahan, Gultom, Harianja dan Sitinjak.

 "Ini bukan milik Alobing saja, ini milik seluruh marga dari keturunan Oppung kita Raja Sonang, dan saya harapkan dengan adanya Parsadaan Raja Sonang, kita semakin bersatu," harapnya.

Penulis: tom. Editor: gun.