HETANEWS

591 Mahasiswa USI Diwisuda, Pintu Sukses Menuju Dunia Kerja

Rektor USI, Marihot Manullang saat memberikan cinderamata kepada dosen yang meraih gelar Doktor dalam acara wisuda.
Siantar, hetanews.com - Bertempat di Auditorium Rajadmin Purba Universitas Simalungun (USI), sebanyak 591 orang mahasiswa-mahasiswi seluruh fakultas dan Pascasarjana USI mengikuti proses wisuda, Kamis (26/10/2017).

Dalam acara wisuda tersebut, 3 orang Dosen USI telah menyelesaikan gelar Doktor disematkan selempang dan mendapatkan cinderamata. Juga, 6 orang wisudawan-wisudawati dengan nilai terbaik juga mendapatkan penghargaan dari Civitas USI.

Hermanto Sipayung selaku alumni USI dipersilahkan memberi kata sambutan. Elite media di salah satu media cetak lokal ini mengatakan, bahwa USI telah mencetak alumni-alumni dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bersaing.

"Kualitas alumni USI tidak perlu diragukan lagi karena kesiapan yang sudah dimatangkan. Salah satu upaya itu dibuktikan dengan adanya Pusat Pengembangan Karir (PPK). Disana semua alumni akan ditampung untuk bekerja,” ucapnya dengan bangga sebagai alumni USI tersebut.

Amsar Saragih dari Yayasan USI mengajak para wisudawan maupun wisudawati untuk memaknai acara tersebut. Ia juga mendorong, bahwa wisuda bukan akhir dari pendidikan. Melainkan masih awal perjalanan untuk mengaplikasikan pendidikan itu didunia kerja maupun di tingkat pendidikan selanjutnya.

"Wisuda adalah awal dari perjalanan panjang dalam mengarungi lautan karier ke depan yang sarat dengan tantangan. Kepribadian, attitude dan etika yang baik adalah modal untuk pintu sukses memasuki dunia kerja. Dan juga diharapkan alumni USI bisa lebih kreatif dan inovatif," tuturnya.

Lanjutnya, bahwa USI telah mendapat kepercayaan dari pemerintah dan masyarakat luas. Ini ditandai dengan telah disetujuinya pembukaan dua Prodi baru di Pascasarjana yaitu untuk Magister Hukum dan Magister Ilmu Manajemen.

Dengan hampir keseluruhan prodi mendapat pengakuan dari masyarakat luas, utamanya internasional dengan pengiriman 12 mahasiswa Pertanian USI yang magang selama 8-10 bulan di Jepang.

Sementara itu, Rektor USI, Marihot Manullang menjelaskan, kemajuan-kemajuan telah diterapkan di USI seperti contoh di bidang teknologi dengan penerimaan mahasiswa dilakukan secara online. Walaupun mendapat akreditasi B, dijelaskannya bahwa USI tidak akan puas disitu saja dan akan tetap melakukan perkembangan-perkembangan.

"Untuk lebih baik, USI juga telah membangun kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Tak lupa dengan PPK agar alumni USI bekerja yang sesuai dengan ilmunya," ungkapnya.

Selain itu, tahun ini juga tiga dosen USI telah menyelesaikan gelar Doktor yaitu Corry Purba, Tioner Purba dan Sarintan Damanik. Ia berharap, untuk tahun depan ada dua guru besar agar menjadi nilai tambah dan daya tarik untuk mahasiswa belajar di USI.

 

Penulis: ndo. Editor: aan.