Siantar, hetanews.com - Kinerja kepolisian khususnya Polres Siantar, menuai kritik dari berbagai kalangan, bahkan kekesalan warga tersebut diluapkan dalam bentuk karangan buka yang dipajang di Simpang 4 Jalan Gereja, Kecamatan Siantar Selatan. 

Tampak dalam karangan bunga (bunga papan,red) tersebut bertuliskan "Turut Prihatin Atas Ketidak Pedulian Aparat Penegak Hukum Atas Maraknya Tindak Keriminal Hingga Berujung Kematian Rara DKK". Karangan bunga tersebut dikirim oleh komunitas Pangordong Kota Siantar (KPK).

Diwawancarai wartawan, Ketua KPK, Herdin Silalahi, Kamis (26/10/2017) menyebutkan, maraknya kasus kriminal yang berada diwilayah Kota Siantar adalah salah satu bukti Polres Siantar tutup mata atas tindakan kriminalitas di kota berhawa sejuk ini.

"Semakin hari, semakin marak tindak kejahatan, tetapi kita lihat bagaimana kinerja Polres Siantar, sepertinya menutup mata terhadap ini, "ucapnya kesal. 

Dia menambahkan, karangan bunga tersebut merupakan salah satu bentuk dari kekesalan warga terhadap maraknya tindak kejahatan. "Ini hanya mewakili sedikit kekesalan warga yang sudah merasa kotanya ini sudah tidak nyaman lagi,"katanya. 

Hal itu, kata Herdin, dibuktikan dengan banyaknya tindak kriminal di Kota Siantar yang sampai saat ini belum terungkap.

"Kita lihat kasus pemerkosaan yang 3 orang pelakunya sampai saat ini belum tertangkap, kemudian penganiyayaan terhadap siswi SMA Teladan yang pelakunya juga belum tertangkap, dan terakhir Rara yang dijambret yang akhirnya dia meninggal. Ini adalah sebagain contoh dimana kinerja Polres Siantar yang tidak baik,"sebutnya. 

Masih kata Herdin, bahwa salah satu penyebab tindakan kejahatan semakin meningkat di Kota Siantat adalah tingginya tingkat peredaran Narkoba di Kota Siantar.

"Kita lihat, berapa banyak sudah bandar Narkoba asal Siantar yang sudah ditangkap oleh Polres Simalungun, sedangkan Polres Siantar, sepertinya mati suri dalam menangani ini, padahal Narkoba adalah salah satu penyebab tingginya angka kriminalitas,"katanya. 

Baca Juga: Kejar Pelaku Jambret di Jalan Melanthon Siregar, Wanita Ini Tewas Mengenaskan

Untuk itu, Herdin tetap berharap agar Polres Siantar meningkatkan kinerjanya agar masyarakat merasa nyaman tinggal di Kota Siantar.

"Kita prihatin melihat kekwatiran masyarakat karena tingginya tingkat kriminalitas belakangan ini, dan kita harap Polres Siantar tidak tidur lagi lah, bangun lah berantas Narkoba, dan tindak kejahatan lainnya, "harapnya.