HETANEWS

CV Panoguan Solu Apresiasi PKL Pelajar SMKN 1 Lintong Nihuta

Para pelajar SMKN 1Lintong Nihuta saat menanen tanaman tomat.

Humbahas, hetanews.com - Tiga bulan tidak terasa bagi para siswa/i SMK Negeri 1 Lintong Nihuta,Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) untuk menimbah ilmu di bidang pertanian dengan menjalankan masa Praktek Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan pertanian CV Panoguan Solu. 

Banyak pengalaman dan ilmu yang bertambah dapat disimpan dalam memori pikiran para siswa/i ini setelah melewati masa masa PKL.

Beberapa pelajar jurusan mengaku, sangat bangga dan senang walaupun banyak tantangan selama PKL.

"Di tempat itu kami banyak menimbah ilmu, seperti cara menanam tomat, cabai dan kol. Kami sekarang mulai memahami cara bertanam yang baik, karena selama PKL, diajarkan mulai dari pembibitan,penanaman, perawatan hingga pemetikan hasil,” sebut salah seorang pelajar, Santilara Simatupang.

Para pelajar saat memanen tanaman cabai.

Ini seperti tanaman tomat yang ditanam para pelajar hingga sampai memetik hasilnya. Hal itu berkat bimbingan guru-guru di SMK Negeri 1 Lintong Nihuta yang selalu mengajarkan mereka. Sementara praktiknya di lapangan juga diajarkan oleh pemilik lahan bagaiimana cara-cara yang baik untuk bercocok tanam.

"Kami sangat berharap nilai dari PKL bagus-bagus. Kalau tidak bagus, kami hanya berserah pada Tuhan dan pasrah,” terang Santilara yang diamini kawan-kawanya.

Pemilik lahan CV Panoguan Solu,Tumpak Sihombing, mengaku senang dan sangat mengapresiasi anak-anak PKL tersebut. Dirinya berharap para pelajar nantinya semakin pintar dan tanggap dengan yang sudah mereka pelajari di tempat PKL dan sekolah.

“Selama mereka di sini PKL,saya lihat mudah mencerna dan faham tentang penanaman. Seperti mereka selama ini sudah menanam tomat,cabai dan sayur sayuran yang umurnya sudah 3 bulan, namun sudah menghasilkan buah,” terang tumpak.

Tumpak bersama sang istri selama ini mengajarkan cara-cara menanam yang baik, mulai dari pembibitan, menanam, merawat hingga memetik hasil. Seperti tomat yang hasilnya memuaskan.

Foto bersama dengan para pelajar SMKN Lintong Nihuta.
 

Ditanya tentang nilai 18 orang pelajar yang PKL di ladangnya, Tumpak mengaku, memberikan nilai baik. “Saya juga mengapresiasi cara cara kerja mereka dan sekolahnya (SMKN1 Lintong) yang mulai banyak diminati para generasi-generasi penerus. Karena saya lihat siswa/i yang minatnya di bidang pertanian hanya SMKN 1 Lintong Nihuta.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN1 Lintong Nihuta,Parlindungan Silaban berharap, anak didiknya tidak ada melakukan kesalahan. Dirinya juga menghimbau para eplajar agar menimba ilmu secara serius.

"Jika bisa jangan buat kesalahan dan fokus mengejar cita-cita karena apa yang dikejar saat ini untuk masa depan mereka. Saya selalu mengarahkan itu kepada para siswa/I, karena jika mereka serius belajar,sabar dalam bekerja dan tidak bertingkah,diyakin mampu mengejar cita-cita para pelajar tersebut.

Penulis: akim. Editor: aan.