HETANEWS

Terlibat Penipuan, Mantan Calon Wakil Wali Kota Siantar Resmi Ditahan Polres

Sailanto (kemeja putih lengan pendek) saat akan diboyong ke RTP Polres Siantar.(foto/ndo)

Siantar, hetanews.com - Mantan Calon Wakil Wali Kota Siantar, Sailanto, resmi ditahan oleh Unit Tipidkor Polres Siantar, Senin (23/10/2017) sore, sekitar pukul 16.10 WIB.

Pasangan dari Wesli Silalahi di Pilkada Kota Siantar lalu itu, ditahan di Ruang Tahanan Polisi (RTP) Polres Siantar, karena turut terlibat dalam penipuan sejumlah uang.

Kasat Reskrim Polres Siantar, AKP Restuadi melalui Penyidik Unit Tipidkor, Aiptu Darwin Siregar mengatakan, bahwa Sailanto ditahan setelah awalnya dilakukan pemeriksaan intensif.

Adapun, kasus yang membelit Sailanto yakni, turut serta melakukan penipuan terhadap Fransiscus Silalahi, warga Jalan Parapat, Kelurahan Simarimbun, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Siantar pada 25 November 2016 lalu.

Sailanto (pegang Aqua) saat akan diboyong penyidik Unit Tipikor ke RTP Polres Siantar.(foto/ndo)

"Waktu itu, Fransiscus mendahulukan uang untuk kegiatan perkumpulan marga Silalahi, di Lapangan Adam Malik. Fransiscus mendahulukan uang atas permintaan Wesly-Sailanto," kata Aiptu Darwin.

Uang yang didahulukan Fransiscus yang merupakan pengusaha Hotel Flora Inn sebesar Rp 455 juta. Dan, saat mengembalikan uang hampir setengah miliar tersebut, Sailanto memberikan cek.

"Ternyata, cek itu kosong setelah diperiksa oleh korban. Cek itu di Bank Mandiri, yang ternyata kosong. Sehingga korban melaporkannya ke Polres Siantar," lanjutnya.

Dan, tindak pidana turut serta penipuan yang dilakukan oleh mantan anggota DPRD Kota Siantar ini dijerat dengan pasal 378 jo pasal 55, 56 KUHPidana atau pasal pasal 372 jo pasal 55, 56 KUHPidana.

Penulis: ndo. Editor: gun.