HETANEWS

Pemkab Simalungun Perbaiki Jalan Talun Kondot, Anak Sekolah Ikut Merasakan Dampaknya

Anak-anak sekolah di Nagori Talun Kondot melintasi jalan yang sudah dibangun

Simalungun, hetanews.com- Pemkab Simalungun kembali mewujudkan pemerataan pembangunan jalan di daerah terpencil.

Melalui dana yang dikucurkan Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal (Kemendes) Tahun Anggaran 2017, kali ini Huta Pusuk Pardamean, Kecamatan Panombeian Panei mendapat bantuan perbaikan jalan jurusan sepanjang 660 x 3 x 0,3 meter.

Perbaikan jalan yang menghabiskan dana sebesar Rp 186.008.000 itu kini kondisinya sudah dibalut aspal hitam. Sebelumnya, akses jalan di pemukiman yang dihuni 94 Kepala Keluarga  (KK) itu keadaannya sangat memprihatinkan.

Seperti yang dituturkan Rendi Sinaga kepada hetanews, Rabu (18/10/2017). Menurut Rendi, jalan jurusan tersebut merupakan akses utama bagi warga yang hampir seluruhnya berprofesi sebagai petani karet untuk mengangkut hasil pertanian mereka.

“Ya kalau mau ke kebun harus lewat sini, enggak ada jalan lain. Ini lumayan lah sudah di aspal, dulu sebelum diperbaiki sama Pemkab Simalungun, parah kali jalan ini,” kata Rendi.

Amatan di lokasi, jalan yang diperbaiki memang sering di lintasi petani karet yang tampak hilir mudik membawa hasil panen dari perkebunan mereka.

Lain hal diungkapkan marga Saragih, yang menilai perbaikan jalan di Huta Pusuk Pardamean perlu diteruskan hingga sampai ke Nagori Bintang Mariah. Di karenakan, banyak anak sekolah khususnya Sekolah Dasar (SD) yang menggunakan jalan tersebut untuk sampai ke sekolah.

Kondisi jalan yang sudah diperbaiki.

“Banyak anak sekolah yang lewat dari sini. Kasihan juga kalau harus melihat mereka (anak sekolah) harus jalan kaki di jalan yang becek pas musim hujan,” ujar Saragih.

Sebelumnya, Bupati JR Saragih dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Sidamanik mengutarakan bahwa pembangunan infrastruktur jalan desa diutamakan untuk kepentingan masyarakat, khususnya anak pedesaan yang berjalan kaki menuju ke sekolah. Dan kini, warga berharap JR Saragih terus mengupayakan pemerataan pembangunan jalan di tanah Habonaron Do Bona.

Penulis: tim. Editor: aan.