HETANEWS

Gelar Color Run 5K, Bank Indonesia Pematangsiantar Kampanye GNNT Bersama Generasi Muda

Pelepasan para peserta color run sebagai bagian dalam kampanye GNNT yang dilaksanakan KPw Bank Indonesia Pematangsiantar

Siantar, hetanews.com - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia gelar kegiatan color run 5K sebagai bagian dalam kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), Minggu (15/10/207) sekira pukul 07.00 WIB.

Ribuan peserta terdiri dari pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), mahasiswa, sejumlah perbankan, perusahaan telco dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Siantar-Simungun turut serta dalam kegiatan color run 5K yang dimulai dari depan Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka, Kecamatan Siantar Barat. Para peserta dilepas Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Siantar, Pasti Tarigan.

Selain itu, para peserta yang mengikuti colour run diberikan dummy card untuk ditukarkan di sejumlah stand bazar perbankan maupun perusahaan telco. 

Kampanye GNNT ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh perwakilan KPw Bank Indonesia Pematangsiantar bersama sejumlah pimpinan perbankan dan Forkopimda.

Para peserta color run 5K dalam rangkaian kegiatan kampanye GNNT.

Kegiatan semakin meriah dengan pencabutan hadiah luck draw dan door prize utama sumbangan dari pihak perbankan maupun perusahaan telco. Selain itu, ada juga tanya jawab terhadap para peserta yang didominasi pelajar dan mahasiswa mengenai GNNT maupun menebak gambar di mata uang Rupiah baru. 

Kegiatan juga dirangkai dengan pengumuman pemenang lomba penulisan artikel tingkat SMA yakni, juara I Fran Stinky Simbolon (SMAN 1 Siantar), juara II Lathifa Hanum (SMAN 2 Siantar) dan juara III, Nikita Yofanny Napitupulu (SMAN 1 Siantar). Untuk tingkat Universitas, juara I Ade Rema Simatupang (STIE Sultan Agung), juara II Iqbal Adharianstah Manurung (Universitas Simalungun) dan juara III Kiki Riri Anugerah (STIE Sultan Agung).

Sementara pemenang foto contest, untuk kategori selfie, Patarias Coffee Shop, kategori grupie Putry Husein dan kategori favorit Indrigunn. Ini termasuk 10 pemenang terfavorit Instagram ID yakni, mlnwds, maychael_sitompul, octa.766hi, muhammadzakri97, chenriri, jevonzheng, mhdgadingsadewo, jatinata, zulianimarvikasari dan gracceachrist.

Kepala KPw Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan menuturkan, kegiatan kampanye GNTT ini mengusung tema 'Generasi Muda Pematangsiantar sebagai pelaku transaksi Non Tunai.

Pelepasan balon sebagai tanda kampanye GNNT di Siantar.

Menurutnya, ini menjadi sarana sosialisasi, edukasi, penyebaran informasi dan promosi instrumen pembayaran non tunai pada masyarakat Siantar, khususnya generasi muda. Ini termasuk mendukung program Bank Indonesia dalam rangka menciptakan terbentuknya Less Cash Society (LCS).

"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan instrumen non tunai. Ini mengingat tingginya biaya penggunaan instrumen pembayaran tunai, sehingga kampanye GNNT dapat mengurangi biaya cash handling," sebut Elly.

Dia juga menuturkan, kampanye di Siantar ini sejalan dengan yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Bank Indonesia, di mana di Jakarta sedang berlangsung implementasi elektronifikasi transaksi di pintu tol secara non tunai dan ditargetkan seluruhnya terlaksana pada 31 Oktober 2017.

"Melalui kampanye GNNT, kita mendorong semua pihak menerapkan transaksi non tunai. Dan sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No.910/1886/SJ tentang Implementaai Transaksi Non Tunai, pemerintah daerah dihimbau untuk siap menerapkan transaksi non tuna paling lambat 1 Januari 2018," papar Elly.

Penulis: tim. Editor: aan.