HETANEWS

Penyerahan Dokumen Parpol ke KPUD Siantar, Berkas PDI-P dan PSI Dipulangkan

Ketua KPUD Siantar, Mangasi Purba

Siantar, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Siantar saat ini sudah melakukan penerimaan dokumen Partai Politik (Parpol) dan nantinya akan dilakukan penelitian administrasi.

Penyerahan ini dimulai sejak tanggal 3-16 Oktober 2017, dan sampai hari ini, Rabu (11/10/2017) masih 3 partai yang menyerahkan dokumen partai. Hasilnya, hanya 1 partai yang lengkap administrasinya. 

Adapun tiga partai tersebut yakni, Partai Solidaritasi Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Sementara yang lengkap dokumennya adalah Perindo. 

Hal itu diutarakan Ketua KPUD Kota Siantar Mangasi Purba, Rabu (11/10/2017). Dia menjelaskan, terkait dokumen partai itu meliputi salinan foto copy Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol, Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan pengganti e-KTP dan kepengurusan parpol di daerah. 

Terkait kelengkapan berkas kata Mangasi, dokumen yang diserahkan parpol harus sesuai dengan Sistem Informasi Politik (Sipol).

“Contohnya di Sipol disebutkan jumlahnya 200 tetapi diserahkan ke kita 198, jadi kita pulangkan untuk dilengkapi,” sebutnya. 

Saat ini kata Mangasi, masih 3 partai yang menyerahkan dokumen partai, namun hanya 1 yang sudah lengkap.

“Kalau PSI dan PDI-P karena tidak sesuai dengan Sipol, makanya kita pulangkan untuk dilengkapi. Perindo sudah bolak balik mereka melengkapinya dan saat ini telah lengkap,” terangnya.

Penulis: tom. Editor: aan.