HETANEWS.COM

Bupati Enggan Hadiri Peletakan Batu Pembangunan PKS PT HDS, Pengusaha ‘Rental’ Preman Hasut PKS Tetangga

Spanduk bertuliskan peletakan batu pertama pembangunan PKS PT HDS oleh Bupati Simalungun, JR Saragih. Tampak jas hijau, Ketua Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit, bermarga Purba saat menyaksikan mantan konsultan rehab atau pembangunan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Simalungun, bermarga Silalahi. (foto : Zai)

Simalungun, hetanews.com - Efek dari enggan hadirnya Bupati Simalungun JR Saragih meletakkan batu pertama pada pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Hatonduhan Dearma Sawita (PT HDS) pada 27 September 2017 lalu, pihak pengusaha diduga rental preman menghasut tetangga memberikan informasi bohong ke sejumlah media.

Dugaan ini bukan tanpa alasan kuat, di mana oknum preman dimaksud yang diduga dirental pengusaha PKS PT HDS itu, Pahala Sihombing, warga Huta III Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, berulang-ulang menghasut sejumlah media agar keberadaan pembangunan PKS PT Sumber Bumi Sawit Jadi Jaya (SBSJJ) yang tak lain adalah tetangga PKS PT HDS diberitakan.

Kepada sejublah wartawan di kedai kopi milik J Siahaan di Jalan Gereja Simpang Empat, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Siantar, Kamis (6/10/2017), Pahala Sihombing membeberkan kronologI pendirian PKS PT SBSJJ di Huta IV Nagori Buntu Bayu Kecamatan Hatonduhan, dengan menuding ijin pendiriannya bertentangan dengan perundang-undangan.

Dan membujuk wartawan yakni, Jannes Silaban dari Harian Medan Bisnis dan media cetak maupun media online lainnya agar mengorbitkan pemberitaan yang menurutnya, pendirian PKS PT SBSJJ tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku. Sehingga Pemkab Simalungun dinilai layak meninjau ulang perijinan kedua PKS tersebut.

Sebelumnya, Pangulu Nagori Buntu Turunan Kecamatan Hatonduhan, Roberton Nainggolan yang diketahui hadir pada peletakan batu pembangunan PKS PT HDS tersebut, Kamis (28/9/2017) terkait tidak hadirnya Bupati Simalungun membenarkan hal itu. Padahal pihak pemodal PKS PT HDS telah menempah sebuah spanduk ‘peletakan batu pertama oleh Bupati’.

"Bupati memang benar gak datang, hanya saja ada sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) yang hadir. Seperti Kepala Dinas Pertanian dan lainnya. Kalau pak Asisten I, Marolop Silalahi putar balik. Persis depan perkantoran Camat Hatonduhan. Mungkin karena ada dua kegiatan yang sama. Apalagi PKS sebelah milik anggota DPRD," sebut Roberton.

Dia juga menuturkan, kalau menurut penjelasan Ketua Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit, pak Purba, jika Bupati Simalungun, JR Saragih dipastikan datang. Itu sebabnya sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berada d ilokasi peletakan batu pertama pembangunan PKS PT HDS.

“Tapi,hingga acaranya selesai, Bupati tak juga hadir. Yang ada, Wakil Bupati Simalungun yang hadir ke PKS Bona Uli,” ungkapnya.

Penulis: zai. Editor: aan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan