HETANEWS

Bona Uli Rajagukguk akan Kibarkan Semangat Baru Karang Taruna di Simalungun

Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun terpilih, Bona Uli Rajagukguk saat menerima bendera pataka Karang Taruna dari ketua umum Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, Solahuddin Nasution.(foto/zai)

Simalungun, hetanews.com - Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun terpilih periode 2017- 2022, Bona Uli Rajagukguk akan mengibarkan panji-panji Karang Taruna dengan semangat baru, demi membangun dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu disampaikannya usai terpilih sebagai ketua, di Gedung MUI Kecamatan Siantar, Selasa (3/10/2017).

Ia berharap agar para kader Karang Taruna dapat bekerjasama disetiap Nagori, Kecamatan maupun Kabupaten.

"Dengan semangat baru, saya siap kibarkan Karang Taruna dari kabupaten Simalungun hingga ke pelosok pelosok daerah," ujar Bona. 

Sebelumnya pemilihan Ketua Karang Taruna, dipimpin langsung oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, Solahudin Nasution, bersama rombongan dan Ketua Karateker Simalungun Salman Abror dan Ketua Panitia Viktor Sinaga.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun terpilih periode 2017- 2022, Bona Uli Rajagukguk salam komando dengan Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara, H Solahudin Nasution.(foto/zai)

Solahudin mengatakan, selama 7 tahun menjadi ketua Karang Taruna Sumut, tumbuh atas dasar kesadaran dan tidak ada pemaksaan warga untuk menjadi anggota. Menurutnya, ini bukan OKP dan Ormas, serta bersifat independen.

"Karang Taruna memberdayakan pemuda untuk berdaya saing, memanfaatkan sumber daya alam serta mengajak supaya Karang Taruna bersinergi pada pemerintah. Bagaimana menyelesaikan masalah sosial di desa dan juga di kelurahan dan tidak boleh ada paham radikalisme," seru Solahudin.

Menurutnya, Krang Taruna anti terhadap korupsi. Dan ditegaskan lagi, bahwa dirinya penggagas sekolah terbuka Pancasila. "Jadi nanti, apabila terjadi pemilihan ketua supaya kita tertib dan memahami peraturan," ujarnya. 

Pengurus Karang Taruna Kabupaten Simalungun terpilih dan
Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara berfoto dengan semangat baru.(foto/zai)

Usai pembacaan tata tertib (tatib) dilakukan pemilihan ketua dimana perolehan suara sebanyak yaitu 12 suara diperoleh Bona Uli Rajagukguk. Sementara Resyanto Sumbayak hanya 3 suara. 

Mewakili Kabupaten Simalungun, H Silitonga, mengucapkan selamat dan sukses kepada ketua terpilih. Nantinya akan menindak lanjuti pelantikan pengurus Karang Taruna Simalungun di Dinas Sosial.

"Kita berupaya agar pelantikan nantinya dihadiri oleh pembina Karang Taruna, Bupati Simalungun, JR Saragih," ujarnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Komisi I DPRD Simalungun, Sastra Joyo Sirait, mewakili Kapolres Simalungun, Kapolsek Bangun, AKP JR Sinaga, Danramil 08, para tokoh masyarakat, serta Herdin Silalahi dari Komunitas Pangordong Kota.

Penulis: zai. Editor: gun.